PENGUATAN KAPASITAS KELOMPOK BERMAIN BERBASIS QUR’ANI DENGAN PENGGUNAAN ASMAUL HUSNA MELALUI METODE SUFI HEALING PADA ANAK KORBAN BENCANA BANJIR DI DESA BANDAR KEDUNGMULYO JOMBANG

  • Dewi Pitriawati Stikes Pemkab Jombang
  • Dwi Sri Rahandayani Stikes Pemkab Jombang
Keywords: Asmaul Husna, sufi healing, kelompok bermain anak, korban banjir

Abstract

Bidan sebagai tenaga kesehatan dalam standart profesi Bidan memiliki komponen kompetensi pada area promosi kesehatan dan konseling berupa kemampuan merancang dan mengembangkan kegiatan promosi kesehatan reproduksi pada perempuan, keluarga, dan masyarakat.(3) Bencana Banjir yang terjadi di Desa Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang membuat penulis tergerak untuk mengambil peran dalam upaya pembangunan sistem kesehatan tangguh ditengah bencana. Kejadian banjir tentunya dapat menimbulkan traumatik pada korbannya khususunya pada anak-anak.(1) Pengabdian masayarakat ini bertujuan untuk mengobati trauma pada anak-anak korban banjir dengan melakukan penguatan kapasitas kelompok bermain berbasis qur’ani menggunakan asmaul husna sebagai metode sufi healing. Pelaksananan pengabdian masayarakat disambut baik oleh masayarakat sekitar dan mampu membuat anak-anak korban banjir tersenyum kembali siap melanjutkan hidup pasca bencana banjir.

References

Erlin, fitri. Sari, icu yuanda. 2020. Gejala PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) Akibat Bencana Banjir Pada Masyarakat Kelurahan Meranti Rumbai Pesisir Pekan Baru. Dinamika Lingkungan Indonesia. Vol.7 No.1. p 16-21.
Harahap, nurintan muliani. (2019). Trauma Healing Bencana Perspsektif Islam dan Barat (Sufi Healing dan Konseling Traumatik). Al-Irsyad Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol.1 No. 2 p.311-324.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Keputusan MenteriKesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/320/2020 Tentang Standar Profesi Bidan.
Muslaini, rannisa. Sofia, nanum. (2020). Efektifiktas Terapi Zikir Terhadap Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) Pada Penyintas Tsunami Palu. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya. Edisi Oktober Vo. 3. No. 2 p. 123-134.
Rustan, edhy et all. 2021. Perubahan Perilaku Anak Pasca Banjir Bandang Luwu Utara. Palopo, p. F. I.
Taufik, rachmat. Susanti, eka. S, Dyah titi. Nurlina, erlin. 2014. Gambaran Resiliensi Anak Pasca Bencana Banjir Di Desa Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Jawa Barat. Wacana Jurnal Psikologi. Vol 6 No.11.
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times