INKUBASI USAHA BUDIDAYA LEBAH MADU DI DESA SUNGAI PUTIH KECAMATAN BANGKO BARAT

  • Wilyus Wilyus Universitas Jambi
  • Novalina Novalina Universitas Jambi
  • Aswandi Aswandi Universitas Jambi
  • Hamdan Maruli Siregar Universitas Jambi
  • Husda Marwan Universitas Jambi
Keywords: Inkubasi, lebah madu, , mitra, keberhasilan

Abstract

Inkubasi usaha budidaya lebah madu di desa Sungai Putih Kecamatan Bangko Barat bertujuan; meningkatkan pengetahuan, minat dan keterampilan petani tentang usaha budidya lebah madu; dan mengintroduksi serta membangun usaha budidaya lebah madu di desa Sungai Putih. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan pada bulan Juni - November 2021. Kegiatan ini dilakukan dalam dua rangkaian kegiatan yaitu: pelatihan budidaya lebah madu dan inkubasi usaha budidaya lebah madu. Kegitan diikuti oleh 29 orang anggota kelompok tani mitra.  Kelompok tani mitra adalah Kelompok Wanita Tani Mekar Wangi dan Kelompok Tani Trikarya Usaha. Materi pelatihan ditransfomasi kepada peserta melalui vidio, ceramah, diskusi dan penugasan. Inkubasi usaha budidaya lebah madu dilakukan secara partisipatif oleh kelmpok mitra dengan pendampingan usaha dari tim fasilitator. Evaluasi dilakukan dengan mengukur aspek pengetahuan, minat, dan keterampilan anggota kelomok mitra tentang budidaya lebah madu, dengan menyebarkan questioner diawal dan diakhir kegiatan. Keberasilan diukur dengan menghitung dan menganalisis delta berbagai indikator tersebut. Hasil evalausi menunjukan bahwa keegiatan pelatihan budidaya lebah madu dan pembinaan inkubasi usaha budidya lebah madu dapat meningkatkan pengetahuan, ketermpilan dan kemampuan manajerial anggota kelompok. Dismaping itu juga juga telah berkembang omzet budidya lebah madu.

References

Agussalim, Ali Agus, dkk. 2017. Variasi Jenis Tanaman Pakan Lebah Madu Sumber Nektar dan Polen Berdasarkan Ketinggian Tempat Yogyakarta. Jurnal Buletin Peternakan Vol. 41, No. 4, Hlmn. 448-460, ISSN. 0126-4400, E-ISSN. 2407-876X
Febriana, S., E. Mahajoeno dan S. Listyawati. 2003. Perbandingan Produksi Telur Ratu Lebah (Apis mellifera ligustica) antara Perkawinan Alami dengan Inseminasi Buatan Setelah dan Tanpa Pemberian Karbon Dioksida. Bio SMART. Vol. 5(2): 115-119.
Mayaut, G., Nindatu, M., & de Kock, R. H. 2020. Beda Waktu Metamorfosis Lebah Madu Apis mellifera Di Pulau Romang. RUMPHIUS: Pattimura Biological Journal, 2(2), 023-028.
Novita, R. Saepudin dan Sutriyono. 2013. Analisis Morfometrik Lebah Madu Pekerja Apis cerana Budidaya pada Dua Ketinggian Tempat yang Berbeda. Jurnal Sain Peternakan Indonesia. Vol. 8(1): 41-56
Pusat Perlebahan Apriari Pramuka. 2003. Lebah Madu. Cara Beternak dan Pemanfaatan. Jakarta: Penebar Swadaya.
Sarwono, B. 2007. Lebah Madu. Jakarta: Agro Media Pustaka
Situmorang, R. O., & Aam, H. 2014. Panduan Manual Budidaya Lebah Madu. Balai Penelitian Kehutanan Aek Nauli. Sibaganding.
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 3 times