PENGABDIAN MASYARAKAT PEMBUATAN JAMU TERNAK UNGGAS BAGI KELOMPOK TERNAK MITRA KARYA BLITAR

  • Eko Widodo Universitas Brawijaya
  • Yuli Frita Nuningtyas Universitas Brawijaya
Keywords: pelatihan, jamu herbal, unggas, kelompok ternak

Abstract

Perubahan musim berdampak pada kesehatan ternak, khususnya unggas. Penggunaan bahan-bahan alami atau herbal telah lama digunakan untuk meningkatkan stamina terutama saat musim hujan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk melakukan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat secara daring tentang pembuatan jamu ternak unggas di kelompok ternak Mitra Karya, Kabupaten Blitar. Metode yang dilakukan adalah ceramah yang dilakukan secara ceramah dan praktek daring tentang pembuatan jamu unggas. Bahan jamu terdiri dari 8 jenis bahan yaitu kunyit, temu ireng, jahe merah, kencur, bawang putih, daun sirih hijau, dan sereh. Kemudian semua bahan dibleder, ditambah molases dan EM4 lalu difermentasi selama 1 minggu. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa masyarakat antusias menerapkan terutama bagi itik pedaging, dan meraskan manfaatnya karena selain ternak sehat kandangnya juga tidak bau. Kesimpulan kegiatan ini adalah pengabdian masyarakat tentang pembuatan jamu ternak unggas telah membawa dampak yang baik baik peternak.

References

Mahfuuzoh, D., & Prabewi, N. (2019). Respons Kelompok Wanita Tani Di Desa Banjarsari Terhadap Pemberian Ramuan Herbal Untuk Optimalisasi Performance Ayam Kampung Periode Starter. Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian, 16(30), 47-57.
Prabewi, N., & Junaidi, P. S. (2015). Pengaruh pemberian ramuan herbal sebagai pengganti vitamin dan obat-obatan dari kimia terhadap performan ternak ayam kampung super. Jurnal pengembangan penyuluhan pertanian, 11(22), 97-108.
Prabewi, N., & Nuryanto, N. (2015). Pengaruh Penambahan Cairan Ramuan Herbal Fermentasi Terhadap Performan Ayam Broiler. Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian, 11(21), 23-29.
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 9 times
PDF downloaded = 3 times