PENINGKATAN MINAT BACA METODE AILA DI MI HAUDATUL ULUM CENLECEN

  • Siti Farida Universitas Islam Madura1
  • El Indahnia Kamaria Universitas Islam Madura1
Keywords: Minat Baca, Metode Aila

Abstract

Metode AILA merupakan metode membaca praktis untuk anak 7-12 tahun yang memiliki keterlambatan dan kesulitan  membaca,. Hal ini bisa menjadi landasan sebagai jembatan atau perantara dalam pembelajaran antara si penyampai pesan dan sang penerima pesan, sehingga tekhnik tersebut bisa membantu anak yang belum fasih dan kurang lancar membaca bisa lebih mudah dalam memahami dan mengingat huruf beserta suku kata sampai berbentuk sebuah kalimat. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi buku Metode AILA terhadap kemampuan membaca anak.  Focus dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan minat baca anak yang belum bisa membaca dan yang telat membaca di MI Haudatul Ulum Cen LecenPakong. Metode dalam pengabdian kepada Masyarakat ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode Tindakan (Action Research). Hasil dari pengabdian ini adalah ditunjukkan dengan meningkatnya minat baca anak yang di sertai kemampuan membacanya. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil prestest yang dilanjutkan dengan pemberian posttest pada anak.

References

Ariyati, T. (2014). Peningkatan Kemampuan Baca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini , 8(1), 47-54.
Laely, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7, 301-320
Meteorologi, B, & Dan K. (2017). Volume 18, Nomor 1-2017. 18(1), 77-83
Mustikawati. R.(2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta.
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times