PENDAMPINGAN ECO-PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN KESADARAN LINGKUNGAN DI PESANTREN BUQ’ATUS SYABIBAH POLAGAN GALIS PAMEKASAN

  • Moh. Soheh Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan
  • Sitti Mukamilah Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan
  • Ahmad Ahmad Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan
Keywords: Eco-Pesantren, Kesadaran Lingkungan

Abstract

Merintis dan mengembangkan program kesadaran lingkungan di Pesantren sangatlah tidak mudah, tantangan terberat yang harus dihadapi adalah kebiasaan membuang sampah sembarangan, pola hidup kurang bersih, dan perilaku hidup boros.  Kebiasaan santri yang minim kesadaran terhadap lingkungan bersih dan sehat menjadi masalah primer di pesantran Buq’atus Syabibah Polagan Galis Pamekasan. Menanggulangai permasalahan lingkungan harus dimulai dari proses menanggulangi perilaku santri karena yang menyebabkan terjadinya permasalah lingkungna adalah santri sendiri. Kesadaran lingkungan akan tercapai jika pembentuknya diupayakan sejak dini dan secara terus menerus melalui sebuah pembiasaan. Eco-Pesantren merupakan salah satu langkah strategis dalam menumbuhkan kesadaran lingkungan dan program kegiatan yang berbasis ramah lingkungan melalui bentuk-bentuk kegiatan seperti peningkatan pola hidup yang ramah lingkungan, pengembangan unit kesehatan dan lingkungan, bank sampah, konsep pesantren hijau, taman science, dan kegiatan adiwiyata di lingkungan pesantren. Metode pengabdian kepada masyarakat di pesantren Buq’atus Syabibah Polagan Galis Pamekasan dilaksanakan dengan beberap kegiatan yaitu: a) Pendampingan Kesadaran Lingkungan bagi Santri,, b) Pendampingann Eco-Pesantren dengan melatih santri dalam mebuat beberapa kerajinan dan pemanfaatan bahan sisa.  Hasil dari implementasi beberapa kegiatan PKM eco-pesantren dapat menggali lebih dalam tentang pengembangan kesadaran lingkungan bagi santri sehingga Kesehatan, keasrian dan kebersihan lingkungan pesantren dapat dijaga dengan baik. Selain itu dapat menumbuhkan sikap peduli lingkungan dan pengembangkan karakter dalam menjaga kebersihan lingkungan.

References

Ismaya, Bambang. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Jumardin La Fua,(2013) “Eco-Pesantren:Model Pendidikan Berbasis Pelestarian Lingkungan”, Jurnal Al-Ta’dib, 6 (1), 113-114.
Mohammad Muchlis Solichin,(2013) Inovasi Pengembangan Pesantren, Jurnal ”Nuansa”, 10 (1), 67-68.
Obaid Y.M.(2013).”Religiousitas Lembaga Pendidikan Yang Berwawasan Lingkungan. Bintang Pratama: Bandung.
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times