PENGOLAHAN LIMBAH DOMESTIK BERUPA MINYAK GORENG BEKAS DAN UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA

  • Perwi Darmajanti Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Dewi Kurniasih Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Wiwik Dwi Pratiwi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Keywords: limbah, minyak goreng bekas, pemasaran “online”.

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilatarbelakangi adanya permasalahan penumpukan limbah domestik cair berupa minyak goreng bekas, yang banyak ditemukan di tiap-tiap rumah tangga maupun di bank sampah. Selain bertujuan memberikan nilai tambah melalui pengolahan limbah tersebut, kegiatan ini juga bermaksud untuk mengubah paradigma yang mendasar pada masyarakat dalam pengelolaan sampah. Paradigma awal pengelolaan sampah adalah kumpul – angkut – buang, yang akan diubah menjadi 3R yakni “reduce, reuse & recycle”. Semula berbasis pada konsep pengolahan limbah yang bertumpu pada pengurangan sampah dan penanganan sampah, menjadi pemanfaatan sampah yang pada akhirnya justru menjadi pengurangan sampah. Perlu keterampilan khusus dalam penerapan konsep “reuse & recycle”untuk mengolah limbah minyak jelantah menjadi benda dengan nilai ekonomi lebih tinggi serta aman digunakan. Solusi yang ditawarkan pada proses ini adalah melakukan pengolahan minyak jelantah menjadi sabun batangan dan lilin aroma. Produk yang dihasilkan dimanfaatkan secara individual dan juga dipasarkan untuk menambah pendapatan keluarga. Pemasaran dilakukan secara langsung maupun melalui toko “online”. Oleh karena itu dilakukan pelatihan ecommerce berupa pembuatan toko online.Dalam kegiatan ini diharapkan akan ada transfer teknologi antara pengabdi dari PPNS kepada warga di Kalijudan Surabaya, dan menunjukkan tingkat kepedulian kampus terhadap warga.  

References

Chandra, C., Asrinawaty, A., Fauzan, A., & Agustina, N. 2020. Pelatihan Pembuatan Daur Ulang Minyak Jelantah Berbasis Ecogreen di Rumah Singgah Yatim dan Dhuafa Kota Banjarbaru. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 2(1), 69. https://doi.org/10.36565/jak.v2i1.98
Erviana, V. Y., Suwartini, I., Mudayana, A., & Dahlan, U. A. 2019. Penjernihan Limbah Minyak Jelantah Menggunakan Kulit Pisang Kepok. 3(1), 27–29.
Fachry, A. R., Wahyuningsi, A., & Susanti, Y. E. 2011. Proses Pembuatan Sabun Cair dari Campuran Minyak Goreng Bekas dan Minyak Kelapa. Jurnal Teknik Kimia, 17(7), 27–32.
Hermawati, L., & Purnavita, S. 2013. Regenerasi Minyak Jelantah Secara Adsorbsi Menggunakan Ampas Pati Aren dan Bentonit pada Berbagai Variasi Adsorben.
Prihanto, A., & Irawan, B. 2019. Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Menjadi Sabun Serai.
Metana, 15(1), 9. https://doi.org/10.14710/metana.v15i1.22966
Sumarlin, L. O., Mukmillah, L., & Istianah, R. 2009. Analisis Mutu Minyak Jelantah Hasil Peremajaan Menggunakan Tanah Diatomit Alami dan Terkalsinasi. Jurnal Kimia VALENSI, 1(4), 171–180. https://doi.org/10.15408/jkv.v1i4.246
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times