CREDIT DISTRIBUTION, NON PERFORMING CREDIT DAN NET PROFIT IN BANKING COMPANIES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BANK MANDIRI, BRI, BNI DAN BTN) PERIODE 2016 – 2020

  • Ichwan Bagus Airlangga Universitas Yos Soedarso Surabaya
  • Sofiah Nur Iradawati Universitas Yos Soedarso Surabaya
Keywords: Credit Distribution, Non Performing Credit, Net Profit

Abstract

Dunia perbankan saat ini sedang mengalami banyak kendala akibat bencana virus Covid 19 yang melanda hampir seluruh pelosok dunia. Di Indonesia, kondisi dunia perbankan saat ini sedang mengalami kendala yang sangat terasa dengan adanya bencana virus Covid 19. Negara Indonesia sejak pertengahan tahun 2019 mengakibatkan seluruh potensi ekonomi mengalami kemunduran dan di ambang kebangkrutan. Populasi dalam penelitian ini adalah perbankan pemerintah Indonesia yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode asosiatif  dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian dengan menggunakan data sekunder. Hasil pengujian terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel penyaluran kredit terhadap variabel laba bersih pada Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN dimana hasil pengujian menyatakan bahwa tingkat signifikansi variabel penyaluran kredit lebih kecil dari 0,05. Dapat dilihat dari hasil pengujian bahwa penyaluran kredit dapat meningkatkan laba bersih secara positif kepada Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN sehingga dapat dinyatakan kinerja penyaluran kredit pada 4 bank tersebut baik. Kinerja 4 bank ini dalam mengendalikan NPL cukup baik. Penyaluran kredit dan NPL atau kredit bermasalah berpengaruh signifikan terhadap laba bersih Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN dimana tingkat signifikansinya lebih kecil dari 0,005 dan Fhitung sebesar 42.409. Hasil pengujian menyatakan bahwa 2 variabel yaitu penyaluran kredit dan NPL dapat meningkatkan keuntungan pada Bank, dan diperlukan kinerja yang baik untuk terus meningkatkan upaya memperluas pelayanan kredit dari berbagai kebutuhan nasabah sesuai dengan perkembangan zaman dan menekan rasio NPL agar dapat meningkatkan laba bersih bank.

References

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Edisi Cetakan ke 7. h.303.
Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Edisi revisi. Cetakan ke 15. h.90.
Kasmir. 2014. Manajemen Perbankan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Edisi revisi h.359.
Jumingan. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Bumi Aksara. h.201.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung : Alfabeta. Cetakan ke 16. h.57.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung : Alfabeta. Cetakan ke 21. h.80.
Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana Predanamedia Group. Cetakan ke 2. h.10.
Pebrianti. Pengaruh Efesiensi Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Dengan Perputaran Persediaan Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus pada PT Petro Multi Gun Tanjungpinang). Journal. h.3.
Oktarizka, Puja. 2010. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kredit Macet di Kota Pontianak (Kajian Kredit Kupeda pada PT Bank Kalbar). Skripsi Universitas Mulawarman.
Firdaus, H. Rachmat, Ariyanti, Maya. 2011. Manajemen Perkreditan Bank Umum. Bandung : Alfabeta. Cetakan ke 5. h.1.
Fitria, Nurul, Lindasari, Raina. 2012. Analisis Kebijakan Pemberian Kredit dan Pengaruh Non Perfoming Loan To Deposito Ratio pada Bank BRI (Persero). Skripsi Ekonomi dan Keuangan. Vol.1.1. no.1.
Harahap, Sofyan, Syafri. 2011. Analisis Akuntansi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Cetakan ke 11. h. 309.
Irvah, Sherly, Dewi. 2011. Pengaruh Kredit Macet Terhadap Tingkat Pengembalian Dana Masyarakat di PD. BPR Serang. Skripsi STIE Bina Bangsa.
Lihani, Rafika. 2012. Analisis Manajemen Kredit dan Penanganan Kredit Bermasalah Guna Meminimalkan Resiko Kredit Studi Kasus pada PD. BPR BKK Tasik Malaya. Jupe UNS. Vol.1. no.3. h.1-11.
Magdalena, Berliana, 2008. Pengaruh Jumlah Kredit yang Disalurkan Terhadap Laba pada PT BRI Indonesia Unit Merak Unit Sumber Nongko Manado. Skripsi Universitas Sumatera Utara.
Manurung, Sinta. 2012. Analisa Pengaruh Pemberian Kredit Modal Kerja Terhadap laba pada PT BRI Indonesia Unit Merak. Skripsi.
Nasution, Fadhilah Ramadhani, Lisa, Marlina. Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada Bank Swasta Nasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011. Skripsi Sumatera Utara. h.3..
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times