PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PEMINDANG IKAN TRADISIONAL MELALUI TRANSFORMASI INDUSTRI PENGALENGAN IKAN SKALA RUMAH TANGGA DI SENTRA INDUSTRI PENGOLAHAN IKAN BENGKOROK PRIGI, KABUPATEN TRENGGALEK

  • Budi Rianto Universitas Hang Tuah Surabaya
  • Aniek Sulestiani Universitas Hang Tuah Surabaya
  • Agus Wahyudi Universitas Hang Tuah Surabaya
Keywords: Transformasi, industri, Pengalengan, ikan, Trenggalek

Abstract

Maraknya pertumbuhan pengusaha pengolahan ikan pindang tradisional di lingkungan Prigi, telah menimbulkan persoalan baru, baik dari aspek kualitas produksi, pencemaran air sumur di lingkungan perumahan penduduk, serta produk yang tidak higienis dan tidak mampu bersaing di pasar modern yang lebih luas. Tujuan penelitian adalah memberdayakan pengolah ikan pindang tradisional, agar mampu memproduksi hasil pengolahan ikan yang lebih menguntungkan dengan mentransformasikan ke usaha pengalengan Ikan dengan aplikasi teknologi hermetis untuk produksi skala rumah tangga yang bersertifikasi dan dapat menembus pasar modern. Metodologi penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan yang terdiri dari tiga tahap yaitu dimulai dengan identifikasi dan need assesment transformasi pengolahan ikan pindang tradisional menjadi industri pengalengan ikan, selanjutnya pengembangan usaha dari limbah ikan menjadi tepung ikan dan minyak ikan dan terakhir pengembangan bisnis berbasis industri pengalengan ikan skala rumah tangga. Hasil penelitian menunjukkan industri produksi pengalengan ikan skala rumah tangga memiliki nilai tambah  ekonomis yang lebih tinggi, masa konsumsi lebih lama sekitar 2 tahun dan jaringan pasar yang lebih luas dan potensial diekspor untuk meningkatkan kesejahteraan UKM dan masyarakat nelayan sekitar serta penyediaan pangan nasional hasil minapolitian tangkap, di era New Normal Covid-19.

References

AMA 1993, Local Authorities and Community Development: A Strategic Opportunity for the 1990s, London: association of Metropolitan Authorities.
Dahuri, R. Raais, J., Ginting, SP,. Dan Sitepu, M.J. 2001, Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu, Cetakan Kedua: ISB 979-408-381-X. PT. Pradnya Paramita, Jakarta, 328 hal.

Departemen Kelautan dan Perikanan, Pedoman Umum Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir. 2001
Dikti, 2013, Pedoman Penyusunan Proposal MP3EI, Dikti, Jakarta.
Kieffer, C.H. 1984, Citizen Empowerment: A Developmental Perspective, Prevention in Human Service, Vol. 3, USA.
Korten. C. David. 1986, Community Based Development, Asian Experience, Kumarian Express, USA.
Karnaji, 2013, http://fisipwebunairacid-fisip.web.unair.ac.id/artikel_detail-81026- Umum-Disparitas%20%20Antar%20Wilayah%20di%20Jawa%20Timur.html
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Rianto, Budi, 2008, Pelayanan Prima Sektor Publik, Jaudar Press, Surabaya.
Sinonim, 2013, Pemberdayaan Nasional Masyarakat Mandiri, 2009, Jaudar Press, Surabaya.
Soegiarto, 1976, Pedoman Umum Pengelolaan Wilayah Pesisir, Lembaga Oseanologi
Nasional, Jakarta.
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 1 times