PERBANDINGAN STRUKTUR RANGKA BATANG STATIS TAK TENTU MENGGUNAKAN METODE MEKANIKA KLASIK DAN PROGRAM (SAP 2000)

  • Dwi Deshariyanto Universitas Wiraraja
  • Anita Intan Nura Diana Universitas Wiraraja
Keywords: perbandingan, gaya dalam, klasik, program

Abstract

Salah satu cara yang relatif sederhana dan efektif untuk mengajarkan dasar-dasar mekanika teknik adalah metode mekanika teknik klasik, hal tersebut bertujuan untuk melatih intuisi rekayasa atau engineering judgement yang diperlukan untuk mengevaluasi hasil dari program komputer canggih. Tujuan penelitian untuk mengetahui besar reaksi dan gaya-gaya serta perbedaaan dari hasil reaksi dan gaya-gaya dalam struktur rangka batang statis tak tentu menggunakan metode mekanika klasik dan program (SAP 2000). Rancangan penelitian ini membandingkan antara metode mekanika klasik menggunakan metode Consistent Deformation dengan program SAP 2000 struktur rangka batang statis tak tentu dengan model rangka atap dan rangka jembatan. Data-data penelitian ini dilakukan dengan analisis frekuensi dan analisis uji t. Penyelesaian struktur statis tak tentu dengan model rangka atap dan jembatan menggunakan metode klasik dengan program (SAP) 2000 menghasilkan adanya perbedaan besaran gaya – gaya dalam batang, perbedaan tersebut disebabkan adanya perbedaan tingkat ketelitian. Struktur rangka model atap dan jembatan pada kondisi tak tentu setelah dilakukan uji t menghasilkan besar gaya – gaya dalam batang dengan varian yang sama dan tidak ada perbedaan antara rata-rata besar gaya yang dihasilkan

References

Adha, A. N., Abdi, F. N., & Sutanto, H. (2019). Analisis Struktur Rangka Batang 2d Dengan Metode Matriks Kekakuan Menggunakan Aplikasi Matlab. Urnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Sipil, 3(2).
Retrieved From Http://E-Journals.Unmul.Ac.Id/Index.Php/TS/Article/View/3254
Canonica, L. (1991). Memahami Mekanika Teknik 1 (1st ed.). Bandung: Angkasa.
Center, B. (2018). Apa Itu SAP2000? Retrieved from
https://bashoricenter.wordpress.com/2018/03/10/klik-dan-baca/
Dewobroto, W. (2005). Masih perlukah mempelajari Mekanika Teknik Klasik dalam Era Serba Komputer ?
Dewobroto, W. (2014). Pemanfaatan software Structural Analysis Program (SAP) sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah Analisis Struktur 1.
Frick, I. H. (1978). Mekanika Teknik1 Statika dan Kegunaannya. Semarang: Kanisius.
Prihadi, W. R., & Pratama, G. N. I. P. (2016). Konfigurasi Batang Pada Perancangan Rangka Atap Bambu. Inersia, Xii(2).
Software Design Dan Analisa Struktur Terbaik. (n.d.). Retrieved March 1, 2021, from https://teknocal.com/588/software-sipil-dan-structure-terbaik/ T, Gunawan S, M. (n.d.). Mekanika Teknik III. Jakarta: Delta Teknik Group.
Yusi, D. (2018). Tutorial Analisa Rangka Batang Menggunakan Sap2000. Retrieved from https://dyjtutorial.blogspot.com/2018/12/tutorial-analisa-rangka-batang.html
Zacoeb, A. (2014). Deformasi Konsisten.
Retrieved from http://zacoeb.lecture.ub.ac.id/files/2014/10/11-Deformasi-Konsisten.pdf.
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times