PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MADURA’S SMART BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Sumenep merupakan kabupaten paling timur pulau Madura dengan penggunaan bahasa bilingual. Siswa saat berinteraksi dengan guru tidak menggunakan bahasa sesuai tingkatan dalam Bahasa Madura, serta media yang digunakan berpatok pada buku LKS dengan warna hitam putih, bahkan rata-rata buku hasil fotocopy sebagai panduan belajar siswa, hal itu dapat memicu rasa bosan siswa dan kurang menarik. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukannya media pembelajaran agar siswa merasa tertarik terhadap pembelajaran Bahasa Madura yaitu multimedia pembelajaran interaktif Madura’s Smart berbasis elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk : (a) Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran interaktif Madura’s Smart berbasis Macromedia Flash di sekolah dasar; (b) Mengetahui respon siswa setelah penggunaan media pembelajaran interaktif Madura’s Smart berbasis Macromedia Flash di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang telah diadaptasi peneliti menjadi model 3D yaitu define, design, develop dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang menyebabkan adanya social distancing. Berdasarkan data yang diperoleh dari validasi produk dengan menggunakan skala likert didapatkan persentase 98% untuk validasi media, 92% untuk validasi materi, dan 7 siswa kelas IV sekolah dasar dengan menggunakan skala guttman 94% untuk respon siswa dengan semua kategori sangat baik. Sehingga Madura’s Smart dinyatakan layak digunakan kepada siswa dan dapat direkomendasikan menjadi alternatif pembelajaran.
References
Astuti, Rini Dwi & Ulfah, A. 2019. Pengembangan Media Permainan Lajur Bata (Langkah Juara Bangun Datar) Untuk Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1).
Http://Eprints.Uad.Ac.Id/14878/1/T1 _1500005330_Naskah Publikasi.Pdf. Diakses Pada Tanggal 07 Februari 2021.
Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan Haris Budiman. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 8, 75–83.
Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/177430-Id-Peran-Teknologi-Informasi-Dan-Komunikasi.Pdf. Diakses Pada Tanggal 19 Januari 2021.
Cahyaningtyas, A. W. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quantum Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Depok. In Universitas Negeri Yogyakarta (Nomor 2). Universitas Negeri Yogyakarta.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Https://Doi.Org/10.1111/J.1651-2227.1982.Tb08455.X
Febriyanti, Ruri, D. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Kenampakan Alam Dan Keragaman Sosial Budaya Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 17–31. Http://Sij-Inovpend.Ejournal.Unsri.Ac.Id/ Index.Php/Sij-Inovpend/Index%0Apengembangan. Diakses Pada Tanggal 19 Januari 2021.
Mahananingtyas, E. 2017. Hasil Belajar Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192–200. Diakses Pada Tanggal 19 Januari 2021.
Marfuah. 2017. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2). Diakses Pada Tanggal 19 Januari 2021.
Rosita, A., & Aprila, F. 2019. Pentingnya Mata Pelajaran Bahasa Daerah Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Dalam Eksistensi Budaya Bangsa. Pengembangan Pendidikan, 3(1), 35–43. Diakses Pada Tanggal 19 Januari 2021.
Saehana, Arda, & D. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77. Https://Media.Neliti.Com/Media/ Publications/153834-ID-Pengembangan-Media-Pembelajaran-Interakt.Pdf. Diakses Pada Tanggal 07 Februari 2021.
Sari, T. T., & Cahyono, A. H. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Android “Fun Math” Sebagai Alternatif Belajar Matematika Di Tengah Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1283–1298. Https://Doi.Org/10.31004/ Cendekia.V4i2.355. Diakses Pada Tanggal 07 Februari 2021.
Sholeh, S. 2019. Pengembangan Permainan Belos Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas V MI An Najah Pasongsongan Sumenep. Universitas Wiraraja.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan (Research And Development. Alfabeta.