PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP GROUP DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS V DI SDN GULUK-GULUK II

  • Nuril Af’idah Universitas Wiraraja
  • Ratna Novita Punggeti Universitas Wiraraja
  • Ach. Puniman Universitas Wiraraja
Keywords: Penggunaan Whatsapp Group, Pembelajaran Daring, Efektivitas,, Persepsi

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti berjudul Penggunaan Whatsapp Group Dalam Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas V di SDN Guluk-Guluk II. Yang melatar belakangi penelitian ini karena adanya Surat Edaran Nomer 4 Tahun 2020 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona, dari kebijakan tersebut diharuskan seluruh kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam jaringan/online. Penggunaan Media Whatsapp Group menjadi salah satu upaya untuk membantu proses belajar mengajar pada saat pembelajaran daring yang dilaksanakan pada saat masa pandemi pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Media Whatsapp Group pada siswa kelas V di SDN Guluk-Guluk II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru, siswa dan orang tua di SDN Guluk-Guluk II. Dalam penelitian ini menjelaskan tentang proses belajar mengajar dengan menggunakan Whatsapp Group yaitu dengan persiapan yang dilakukan oleh guru serta interaksi yang ada dalam Whatsapp Group. Hasil penelitian yang didapatkan setelah melakukan wawancara kepada guru, siswa dan orang tua, menunjukkan bahwa penggunaan Whatsapp Group pada pembelajaran daring kurang efektif. Karena kurangnya motivasi siswa dalam belajar sehingga hal ini menghambat pemahaman siswa dalam pembelajaran.

References

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.
Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah. LawArXiv Papers, 1–7. https://osf.io/preprints/lawarxiv/yt6qs/
Pranajaya, W. rendra. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp ( Wa ). 14(1), 59–67.
Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 2(2), 24–24.
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times