INOVASI PENDIDIK DALAM MENGHADAPI PERILAKU “GHOSTING” SISWA DI MASA PEMBELAJARAN DARING

  • Rusnilawarni Rusnilawarni SMA Negeri 16 Bone
  • Andi Amytia Resty Dwiyanti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalatung Bone
Keywords: Covid-19, Pembelajaran Daring, Perilaku Ghosting, Inovasi

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 pendidikan dilakukan secara daring atau online dari rumah masing-masing untuk mencegah dan menghindari penyebaran virus Covid-19. Oleh karena itu artikel ini bertujuan menjelaskan inovasi yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi pola perilaku siswa selama masa pembelajaran daring yang kemudian disebut dengan istilah ghosting dan memberikan solusi yang tepat untuk pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan beberapa media untuk mendapatkan hasil berupa pengamatan langsung, dokumentasi dan catatan lapangan.  Hasil dari penelitian ini adalah pandemi COVID-19 membawa dampak yang sangat besar terhadap proses pembelajaran, pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara langsung kini dialihkan menjadi pembelajaran daring. Peserta didik merasa jenuh dan bosan, mempunyai aktivitas lain selama melaksanakan pembelajaran hingga akhirnya membuat mereka melakukan ghosting. Pembelajaran daring yang dilakukan menjadi kurang efektif, akan sangat sulit ditemui siswa bisa hadir 100%.  Olehnya itu dibuat beberapa inovasi dalam melakukan pembelajaran untuk meminimalisir kejadian tersebut. Adapun beberapa inovasi yang dilakukan adalah : membangun komunikasi efektif, membuat kesepakatan kelas, memenuhi kebutuhan siswa yang berbeda.

References

Arsyad. 2009. Media Pembelajaran.
C, R. 2019. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.
Hariyanto, S. 2016. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. PT. Remaja Rosdakarya.
M.S, N. R. 2010. Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online ( E-Learning ) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas dan Fleksibilitas Kegiatan Pemantauan Belajar Anak Siswa/i Sekolah Dasar. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 2010, (pp. 71-74).
Muna, H. d. 2015. Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta'dib, 131.
Pane A, D. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu- Ilmu Keislaman, 333-352.
Putra. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Rajawali Pers.
Sari. 2015. Memotivasi Belajar Dalam Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro, 27-28.
Semiawan, C. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). CV Alfabeta.
W.A.F, D. 2020. Dampak Covid -19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.
Published
2022-01-14
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 4 times