SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMBUATAN LADANG GARAM DI KEPULAUAN

  • M Munir Syam AR Universitas Wiraraja
  • Edy Purwanto Universitas Wiraraja
  • Miftahol Arifin Universitas Wiraraja
Keywords: Garam, Air Laut, Ladang Garam, Pagerungan Besar

Abstract

Desa pagerungan besar memiliki potensi maritim yang sangat banyak. Masyarakat sangat mengantungkan hidupnya terhadap potensi laut dan segala sesuatu yang terkandung di dalam laut itu sendiri. Namun, masyarakat desa pagerungan besar belum menyadari bahwa air laut yang selama ini lekat dengan kehidupan mereka tidak dimanfaatkan menjadi sumber pendapatan. Untuk itu, kegiatan pengabdian ini menjadi sangat penting untuk segera dilakukan demi mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera. Terdapat dua persoalan prioritas yang akan diselesaikan melalui kegiatan pengabdian ini yaitu persoalan kesadaran masyarakat terhadap potensi air laut dan persoalan ketidaktahuan dalam membuat ladang tambak garam. Oleh sebab itu, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang potensi air laut dan memberikan pelatihan mengenai cara membuat lahan untuk produksi garam. Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi dan pelatihan. Metode ini dirasa tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh masyarakat desa pagerungan besar. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi kegiatan. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelasksanaan kegiatan diperoleh informasi bahwa terdapat peningkatan pemahaman para peserta kegiatan mengenai garam dan juga cara membuat ladang garam. untuk kegiatan selanjutnya direkomendasikan untuk melakukan pendampingan dalam melakukan pengukuran kandungan kadar air laut.

References

Abdullah, Z. A., & Susandini, A. (2018). Media Produksi (Geomembrane) Dapat Meningkatkan Kualitas Dan Harga Jual Garam (Study Kasus: Ladang Garam Milik Rakyat Di Wilayah Madura). Eco-Entrepreneur, 4(1), 21-36.
Badan Pusat Statistika (2021). Kecamatan Sapeken Dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Sumenep
Badruzzaman., Dionisius, F., Rohmat, Y. N., Maulana, F., & Ratnadewati, R. (2022). Rancang Bangun Mesin Pencuci Garam Menggunakan Dual System Screw Conveyor. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV)8(3), 57-65.
Efendy, M., Sidik, R. F., & Muhsoni, F. F. (2014). Pemetaan potensi pengembangan lahan tambak garam di pesisir utara kabupaten pamekasan. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, 7(1), 1-11.
Marno, M., Santosa, A., & Ramlah, R. (2022). Pemanfaatan mesin pencuci dan pemindah garam untuk meningkatkan perekonomian petani garam di desa muarabaru karawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 39-42.
Purwanto, E., Isdiantoni, I., & Syahril, S. (2022). Processed fish products based on diversification and standardization. Journal of Community Service and Empowerment, 3(1), 18-25.
Salam, A., & Sn, W. S (2019). Tambak Garam Sumber Penghidupan Sebagai Tema Penciptaan Seni Lukis. Jurnal Seni Rupa, 7(4), 41-48
Published
2024-02-05
Abstract viewed = 1 times
fulltext downloaded = 4 times