Preferensi Konsumen Kerupuk Udang Pelintir Cap Budi Mulya Di Pasar Anom Kabupaten Sumenep

  • Susi Susilowati Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
Keywords: Kerupuk Udang Pelintir, Atribut, Regresi Linear Berganda

Abstract

Preferensi konsumen dalam membeli kerupuk udang pelintir cap Budi Mulya dipengaruhi oleh beberapa atribut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa atribut rasa, harga, bentuk dan kemasan adalah atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dan atribut apakah yang paing berpengaruh terhadap preferensi konsumen kerupuk udang pelintir cap Budi Mulya. Penelitian ini dilaukan di pasar Anom Kabupaten Sumenep. Sampel diambil dengan menggunakan metode accidental sampling sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang dipertimbangkan konsumen adalah rasa, harga dan bentuk, sedangkan atribut yang paling dipertimbangkan adalah atribut harga.

References

Aiman, Ammar. Handaka A. Walim Lili. 2017, “analisis preferensi konsumen dalam pengambilan keputusan membeli produk olahan perikanan di kota Tasikmalaya(studi kasus di pasar tradisional Cikurubuk Kecamatan Mangkubumi)”. jurnal Perikanan dan Kelautan, Vol. 8, No. 1, hal. 8-18.
Azuharu, 2013, Perbedaan Regresi dan Korelasi, https://azuharu.net/statistik/perbedaan-regresi-dan-korelasi/ [24 Maret 2019]
Azwar. Saifuddin, 2006, Penyusunan Skala Psikologi, Cetakan ke V, Yogyakarta
Bungin. Burhan, 2005, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Choizes. Editor, 2019, Pengertian Skala Likert dan Contoh Cara Hitung Kuesionernya, https://www.diedit.com/skala-likert/[14 Maret 2019]
Ghozali. Imam, 2006, Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Dipenogoro, Semarang
Hastinawati. Ika, Rum. Mokh, 2012, “keragaan agroindustri krupuk udang di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan”, Agriekonomika, Vol. 1, No. 1, hal.15-88.
Rahayu. Jeani Noviana,. Elys Fauziyah. dan Aminah Hm Ariyani, 2012, preferensi konsumen terhadap buah apel impor di toko buah hokky dan pasar tradisional ampel Surabaya, Agriekonomika ISSN 2301-9948, E ISSN 2407 – 6260, Vol. 1 No.1.
Published
2019-12-11