Strategi Pengembangan Usaha Ikan Teri Nasi Pada Pt.Urchindize Indonesia Di Desa Pakandangan Sangra Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep

  • Rika Yuliana Safitri Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
Keywords: Pengembangan, Usaha

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana lingkungan internal dan eksternal pada usaha ikan teri nasi PT.Urchindize Indonesia (2) Untuk mengetahui strategi apa yang dapat diterapkan pada usaha ikan teri nasi PT. Urchindize Indonesia. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja di PT.Urchindize Indonesia. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode Purposive Sampling. Hasil analisis diperoleh analisis lingkungan internal kekuatan : produk berkualitas, sistem administrasi yang tertib, fasilitas dan pelayanan mempuni. Kelemahan : belum memenuhi standart ekspor dalam skala besar, kurang terkatihnya SDM, Ketersediaan bahan baku tergantung musim. Peluang : kecenderungan konsumsi masyarakat terhadap makanan yang berkualitas dan hasil lokal, kebutuhan produk ikan teri semakin meningkat, regulasi untuk ekspor tidak terlalu rumit. Ancaman : pesaing, iklim dan cuaca tidak stabil, berkurangnya aktivitas melaut para nelayan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat diterapkan pada usaha ikan teri nasi yaitu dengan Fasilitas dan pelayanan yang mempuni mampu menghasilkan produk yang berkualitas.

References

Reswita. 2014. Kelayakan Usaha Pengolahan Ikan Asin di Kelurahan Sumber Jaya kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu. Vol 14. No 2. Hal 247-255.
Published
2019-12-11