Analisis Usaha Pengolahan Petis Ikan Di Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep

  • Moh. Ali Ridho Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
Keywords: Petis Ikan, Keuntungan, Efisiensi

Abstract

Petis ikan merupakan salah satu produk olahan unggulan di Kecamatan Pasongsongan. Produk tersebut sudah mampu memenuhi kebutuhan di daerahnya dan dapat di perjual belikan ke luar daerah karena adanya surplus akan produk. Tujuan penelitian ini untuk menghitung biaya, penerimaan dan keuntungan usaha pengolahan petis, menganalisi besarnya tingkat efesiensi usaha pengolahan petis dan menghitung besarnya margin usaha pengolahan petis ikan di Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep. Pemilihan lokasi ini diambil di Kecamatan Pasongsongan dengan pertimbangan peneliti bahwa yang dijadikan lokasi adalah Kecamatan yang masuk dalam 5 (lima) besar produksi ikan laut per Kecamatan dari 25 (dua puluh lima) Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumenep. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus yakni dengan cara mencatat semua responden yang diselidiki. Metode analisis yang digunakan adalah analisis biaya,analisis penerimaan, analisis keuntungan, analisis efisiensi usaha ( R/C rasio) dan analisis margin. Hasil analisis menunjukan bahwa usaha pengolahan petis ikan efisien atau layak diusahakan dengan R/C rasio 2,20. Margin produksi usaha petis ikan di Kecamatan Pasongsongan sebesar 10.542 rupiah.

References

Danitasari, S. M. 2010. Karakterisasi Petis Ikan Dari Limbah Cair Hasil Perebusan Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis). Institut Pertanian Bogor.https://anzdoc.com/karakteris asi-petis-ikan-dari-limbah- cair-hasil-perebusan-ik.html. Diakses tanggal 23 Februari 2018.
Hayami, Y et al. 1987. Agricultural Marketing and Processing in Upland Java, A Prespective From Sinda Village. Coarse Grains Pulses Roots and Tuber Center (CGPRTC). Bogor.
Lipsey, G.R. 1990. Pengantar Mikroekonomi I jilid I. Diterjemahkan oleh Jaka, A. W dan Kirbrandoko. Erlangga. Jakarta.
Soekartawi, 1995. Analisis Usahatani. UI-Press. Jakarta.
Published
2019-12-11