Preferensi Konsumen Terhadap Petis Ikan Tuna UD. H Mohammad Yasin (H.M.S)

  • Mohammad Noer Arizal Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
  • Purwati Ratna Wahyuni Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
Keywords: Preferensi, Petis, Ikan Tuna

Abstract

Petis merupakan suatu olahan yang berasal dari air hasil rebusan ikan yang diberi bumbu-bumbu dan bahan pendukung lain, sehingga berberbentuk pasta yang berwarna cokelat hingga cokelat kehitaman dan memiliki aroma yang khas. Tahap preferensi yang dimiliki oleh konsumen terhadap sebuah produk, adalah awal dari tahap loyalitas konsumen terhadap produk tersebut. Sehingga perusahaan diharuskan untuk mempelajari bagaimana cara menimbulkan rasa ketertarikan dan kesetiaan terhadap produk tersebut di dalam diri konsumen. Kotler dan Keller dalam Ersa (2014) Tujuan dari penelitian ini ialah (1). Untuk mengetahui apa saja yang menjadi variabel dari preferensi konsumen petis ikan tuna UD.HMS Sumenep. (2). Untuk mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh pada pengambilan keputusan konsumen terhadap petis ikan tuna UD. HMS Sumenep. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja di toko bu iin dan toko villa mas dengan pertimbangan kedua toko tersebut merupakan toko dengan konsumen paling ramai. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan skala likert sebagai acuan menilai suatu pendapat. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel yang menjadi preferensi konsumen petis ikan tuna H.M.S adalah variabel kemasan dan harga. Dan variabel yang paling berpengaruh terhadap pengambilan keputusan ialah variabel kemasan dengan persentase 8,39%.

References

AdminSPSS, 2016 Uji Validitas dan Reabilitas yang diakses pada tanggal 1, Maret 2019 Dalam blog http://www.spssstatistik.com/uji-validitas-dan-reliabilitas-dengan-spss/
Agung, A. Ketut A 2013 Analisis Faktor Penentu Preferensi Konsumen Dalam Berbelanja ke Pasar Tradisional di Kota Denpasar
Aiman 2017, Ammar. A.Agus H. Dan Walim L.Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Cikurubuk, Kec. Mangkubumi)
Duwi, 2011 Analisis Regresi Linear Berganda diakses pada tanggal 1 maret 2019 didalam http://duwiconsultant.blogspot.com/2011/11/analisis-regresi-linier-berganda.html
Erinda, Aisyah. S Kumadji. Dan Sunarti 2016 Analisis Faktor-Faktor Preferensi Pelanggan Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Terhadap Pelanggan Mcdonald’s Di Indonesia Dan Malaysia)
Ersa ,Noventi P. & D.Iskandar. Analisis Preferensi Konsumen Dalam Penggunaan Social Messenger Di Kota Bandung Tahun 2014 (Studi Kasus : Line, Kakaotalk, Wechat,Whatsapp)
Fajrita, Irma, Junianto, Sriati 2016 Tingkat Kesukaan Petis Dari Cairan Hasil Pemindangan Bandeng Dengan Penambahan Tepung Tapioka Yang Berbeda.
Fakhrudin,A. 2009. Pemanfaatan Air Rebusan Kupang Putih (Corbula Faba Hinds) Untuk Pengolahan Petis Dengan Penambahan Berbagai Pati-Patian. Skripsi Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor. Bogor
Mukti, Nurul 2017 Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Beras Ssiger (Studi Kasus) Bandar Lampung
Kurniawan, Fredi (2017) http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-ikan-tuna
Yana, Yuna (2017) di akses pada tanggal 13, Maret 2018. Dalam blog https://manfaat.co.id/manfaat-ikan-tuna
Zamhir 2014 Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Air Minum Dalam Kemasan (Studi Di Perumahan Graha Pandaan) Malang.
Published
2019-12-11