Analisis Saluran Pemasaran Madu Ternak Kelompok Tani Cahaya Abadi Di Desa Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep

  • Inong Yaqin Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
  • RP. Much. Muchtar Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
Keywords: Saluran Pemasaran, Madu Ternak

Abstract

Kelompok Tani Cahaya Abadi merupakan salah satu kelompok yang bergerak di bidang usaha budidaya lebah madu yang terletak di Desa Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep. Kelompok Tani Cahaya Abadi memiliki 200 kotak sarang lebah ternak dengan produktivitas 0,5 kilogram madu per kotak per bulan. Pemasaran produk madu yang dihasilkan oleh Kelompok Tani Cahaya Abadi dilakukan secara langsung ke pedagang pengepul dan dijual eceran ke masyarakat. Harga madu eceran di masyarakat yang ditawarkan yaitu Rp. 140.000,- per kilogram madu. Sedangkan harga madu yang dijual ke pengepul yaitu sebesar Rp. 180.000,- per kilogram madu. Saluran pemasaran dalam usaha budidaya lebah madu yaitu peternak lebah madu menjual produk madu ke pedagang pengepul lokal dan ke pedagang pengepul besar di Surabaya sebelum madu sampai ke tangan konsumen. Marjin pemasaran untuk saluran pemasaran I untuk pengepul lokal adalah sebesar Rp10.000,- per Kg. Sedangkan marjin pemasaran saluran II untuk pengepul luar kota adalah sebesar Rp50.000,- per Kg.

References

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sihombing, D.T.H. 2005. Ilmu Ternak Lebah Madu. Cetakan kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hairia.2013. Analisis Saluran Pemasaran Tomat Bandung Di KUD Mitra Tani Parahyangan Cianjur. Departemen Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Published
2019-12-11