Perbandingan Pendapatan dan Efisiensi pada Usaha Lele Dhumbo dan Lele Sangkuriang dalam Satu Kali Priode di UD. Very's Farm di Desa Kebunagung Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep

  • Ardi Purwanto Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas PertanianUnija
  • Henny Diana Wati Dosen Prodi Agribisnis Fakultas PertanianUnija
Keywords: Lele, R/C Ratio, Pendapatan

Abstract

Subsektor perikanan memegang peranan yang sangat penting untuk meningkatkan perekonomian nasional, dimana sumberdaya perikanan Indonesia merupakan aset yang memiliki peluang besar untuk dijadikan salah satu sumber pertumbuhan ekonomi. Beragam dan berpotensi diantaranya perikanan budidaya dan hasil tangkap yang mengarah pada kemajuan perekonomian Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan budidaya lele dhumbo dan budidaya lele sangkuriang dalam satu kali panen dan untuk mengetahui usaha budidaya lele dhumbo dan lele sangkuriang efisien atau tidak efisien. Pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara dengan pemilik dan pengelolaan Very’s Farm. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Biaya (Cash Total), Analisis Penerimaan, Analisis Pendapatan, Analisis Efisiensi Usaha. Hasil analisis menunjukkan pendapatan lele dhumbo per produksi dengan bibit yang di gunakan 10.000 ekor sebesar Rp. 14.665.783, dan lele sangkuriang sebesar Rp. 15.487.883, dengan tingkat efisiensi usaha lele dhumbo 1,09 dan lele sangkuriang 1,14 yang artinya usaha lele dhumbo dan lele sangkuriang efisien.

References

Khairuman, Khairul Amri. 2013. Panen Rupiah dari Budidaya Lele. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Rahayu, Wiwit. 2011. Analisis Pendapatan Usaha Pembesaran Ikan Merah (Oreochromis Sp) Pada Kolam Air Deras Di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Jurnal ilmu ilmu pertanian Vol.07 No.01. yogyakarta : Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian.
Jamaludin. 2015. Analisis Pendapatan Usaha Pembesaran Ikan Lele Sangkuriang (Clarias Gariepimus) Di Bojong Farm Kabupaten Bogor.http://repository.uinjkt.ac.id /dspace/bitstream/123456789/301 96/1/JAMALUDIN-FST.pdf.
Published
2019-12-11