Analisis Strategi Usaha Ikan Bandeng di Desa Karang Anyar Kecamatan Kalianget

  • Ahmad Syarip Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
Keywords: Ikan, Strategi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengatahui kondisi lingkungan (faktor internal dan eksternal) pada usaha ikan bandeng di Desa Karang Anyar, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep. Untuk mengetahui strategi usaha ikan bandeng di Desa Karang  Anyar,  Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep. Tehnik pengambilan sampel disini peneliti, untuk mendapatkan data dan informasi maka informan dalam penelitian mengambil metode purposive. Sumber data utama diperoleh dari informan lewat wawancara, selebihnya memperoleh data-data tamabahan dari dokumen dan lain-lainnya. Informan merupakan orang-orang yang terlibat dalam perumusan program dilokasi penelitian. Penelitian kualitatif tidak pernah terlepas dari istilah analisis fenomenolog. Peneliti dalam pandangan fenomenologis berusaha memahami peristiwa dan kaitannya terhadap orang-orang yang berada dalam situasi tertentu (Moleong,2006). Berdasarkan hasil analisis faktor strategi internal diperoleh hasil IFAS 3,05 namun dari hasil analisis faktor EFAS diperoleh hasil 2,84 dengan ini menempatkan usaha ikan bandeng di posisi White Area (bidang kuat-berpeluang) yang artinya usaha ikan bandeng di desa karang anyar mempunyai peluang sehingga dapat menjalankan sebuah usaha ikan bandeng tersebut. Strategi yang sangat tepat untuk para pengusaha ikan bandeng di desa karang anyar dalam mengembangkan usahanya, dengan memakasimalkan kekuatan dan peluang yang ada.

References

Arianto, CK, Yusuf. 2011. Rahasia Dapat Modal dan Fasilitas dengan Cepat. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Ghufran M.1997.budidaya kepiting dan ikan bandeng di tambak sistem polokulitur dahara prize.semarang.
Ghufon M, K Kordi.H 1997. Budi daya air payau.Semarang
Hadie,W dan J.Supriatna 1986. Teknik Budidaya Ikan Bandeng. Bhratara Karya Aksara. Jakarta.
Hasyim, A.I. 2012. Tataniaga Pertanian. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Kementerian kelautan dan perikanan.2015.produksi perikanan Indonesia kementerian kelautan dan perikanan.jakarta.
Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Pasaribu, A. M. (2004). Kajian Sistem Mudular Pada Usaha Tani Ikan Bandeng (Chanos chanos forskal) Di Sulawesi Selatan. Junal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian,7, 187-192.
Pamijati (2009). Pengaruh ekstrak daun selasih (Ocimum basilicum linn) terhadap mutu kesegaran ikan bandeng selama penyimpanan dingin (Chanos chanos forsk. Skripsi. Semarang: Universitas Di Penorogo. Sudrajat, A.2008. Budidaya 23 Komoditas LautMenguntungkan. Penebar Swadaya. Jakarta.
Sapto dalam AdmiAthirah,Tarunamulia, ruzkiah asaf danakhmad mustafa. 2017. Analisis finansial beberapa metodebudidaya bandeng dan udang secara monodan poli kultur.balai riset perikanan budidaya air payau dan penyuluhan perikanan(BRPBAP3). Sulawesi Selatan
Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rangkuti, F. 2000. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Soekartawi, Soeharjo A, Dillon JL, Hardaker JB. 1986. Ilmu Usahatani dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil. UI-Press. Jakarta
Triyanti, R dan N. Shafitri. 2012. Kajian Pemasaran Ikan Lele (Clarias sp) dalam Mendukung Industri Perikanan Budidaya. Jurnal Sosesk KP. 7 (2). Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Jakarta.
United States Departement of Agriculture (USDA). 2009. Nutrient Database for Standard Referenc.RI.
Published
2019-12-11