Model Altman, Springate dan Zmijewski untuk Memprediksi Probabilitas Kebangkrutan (Studi Kasus Sektor Perusahaan Property yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2018)

  • Meri Oktavia Handayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja
  • Very Andrianingsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wiraraja
Keywords: Altman Z-Score, Kebangkrutan, Springate, Zmijewski

Abstract

Perkembangan perusahaan property yang semakin pesat dapat menumbuhkan perusahaan-perusahaan baru yang mengakibatkan menurunnya volume perusahaan sehingga menyebabkan kesulitan baik dari segi financial dan non financial. Resiko ketidakpastian ini mengharuskan perusahaan melakukan analisis perbaikan terhadap permasalahan yang terjadi sehingga mengurangi resiko kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi probabilitas kebangkrutan perusahaan property dengan metode analisis Altman Z-Score, Springate dan Zmijewski. Sampel penelitian terdiri dari 3 perusahaan property yang terdaftar di BEI yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling serta data laporan keuangan yang telah diaudit. Dari hasil penelitian selama tahun 2014-2018 menunjukkan metode Altman Z-Score dan Springate Score terdapat 1 perusahaan yang mengalami potensi bangkrut. Metode Zmijewski selama 5 tahun tidak ada perusahaan yang diprediksi bangkrut. Hasil penelitian ini menunjukkan metode yang paling akurat dalam memprediksi kebangkrutan adalah model Altman Z-Score.

References

Hery. (2016). Financial Ratio for Business. Jakarta: PT Grasindo, anggota Ikapi.
Nilasari, Devi., & Haryanto Mulyo. (2018). Memprediksi Perusahaan yang Berpotensi Mengalami Masalah Keuangan dengan Model Altman, Springate, dan Zmijewski (Studi pada Perusahaan Ritel yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2012-2016). Diponegoro Journal Of Management. Vol. 7 No. 2.
Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.
Salim, Ubud Dr. Prof. (2011). Manajemen Keuangan Strategik. Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Sari, Permata, Mauli., Yunita, Irni. (2019). Analisis Prediksi Kebangkrutan dan Tingkat Akurasi Model Springate, Zmijewski, dan Grover pada Perusahaan Sub Sektor Logam dan Mineral Lainnya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. JIM UPB. Vol. 7. No. 1.
Sudana, I Made. (2009). Manajemen Keuangan Teori dan Praktik. Surabaya: Airlangga University Press.
Published
2019-12-11