Pengaruh Interaksi Harga dan Desain atau Motif Batik Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Kabupaten Sumenep

  • Purwati Ratna Wahyuni Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
  • Dody Tri Kurniawan Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
  • Nurul Latifah Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
Keywords: pengaruh harga, pengaruh desain, minat beli konsumen

Abstract

Harga sangat mempengaruhi keputusan pembelian, artinya jika harga yang ditawarkan semakin mahal maka pembelian akan semakin kecil atau sedikit, sebaliknya jika harga yang ditawarkan semakin rendah maka pembelian semakin banyak. Faktor yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian adalah harga. Selain itu,  ada faktor lain yang berpengaruh yaitu desain produk. Di mana desain produk merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan dari manajemen khususnya yang berhubungan langsung dengan team pengembangan produk baru, karena desain produk selalu menjadi masalah yang dipersoalkan oleh banyak konsumen yang dianggap sebagai sasaran atau yang dituju. Sehingga konsumen menginginkan suatu desain produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis hubungan dan pengaruh harga terhadap keputusan pembelian  batik oleh konsumen. (2) menganalisis hubungan dan pengaruh desain atau motif batik  terhadap keputusan konsumen untuk membeli batik. (3)  menganalisis pengaruh harga dan motif batik terhadap keputusan pembelian batik di Kabupaten Sumenep. Tujuan ini diharapkan nanti akan ditemukan sejauh mana variabel tersebut mempengaruhi penjualan atau minat beli konsumen. Metode yang digunakan meliputi (1) analisis varian atau analysis of variance ,metode ini untuk menganalisis hubungan antara variabel dependen (harga) dan variabel independen (keputusan pembelian) yaitu analisis varian atau analysis of variance. (2) Two Ways Anova merupakan alat analisis untuk menguji hubungan antara dua variabel dependen (harga dan desain produk) dengan satu variabel independen (keputusan pembelian). (3) ANOVA meruapakan alat analisis yang digunakan untuk mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh antara variabel harga dengan variabel desain atau motif batik. Sehingga bisa diketahui pengaruh utama dan pengaruh interaksi dari variabel yang biasanya dikenal dengan faktor atau variabel independen nominal terhadap variabel dependen metrik.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media
Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Satu Nusa.
Ginting, Nembah F. Hartimbul. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Yrama Widya.
Hasan et al. (2010). ”Teori dan Model Perilaku Konsumen”. Makalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.
Kotler, Philip. (1992). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, (Edisi Keenam, Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran, (Edisi Ketiga Belas, Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. (2007). Manajemen Pemasaran. (Edisi Kedua Belas, Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Riduwan dan Engkos Ahmad Kuncoro. (2011). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.
Sarwono Jonathan dan Martadiredja, Tutty. (2008). Riset Bisnis untuk Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: ANDI.
Sekaran, Uma. (2007). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Taniredja, Tukiran dan Mustafidah,Hidayati. (2011). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran.Yogyakarta: ANDI.
Wijaya, Toni. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis : Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2019-12-11