Analisis Komparatif Pendapatan Pembibitan Jati Secara Vegetatif dan Generatif Pada UD. Bintang Jaya Bibit

  • Muhammad Arif Kurniawan Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
  • Ika Fatmawati Dosen Prodi Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
Keywords: Jati, Vegetatif, Generatif, R/C rasio

Abstract

Jati merupakanasalahasatu jenis tanaman perhutanan yang sudah banyak dikembangkan oleh masyarakat, Pohon jati dapat dikembangbiakkan dengan dua metode yaitu secara generatif dan vegetatif. Akan tetapi dalam produksi jati tersebut jarang sekali petani atau pengusaha membandingkan diantara kedua metode pembibitan tersebut yang lebih menguntungkan, sehingga mereka bisa memproduksi dengan jumlah lebih yang banyak pada produk yang lebih menguntungkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rata-rata pendapatan pembibitan jati vegetatif dan generatif pada UD. Bintang Jaya bibit dan mana yang lebih efisien dari kedua metode tersebut. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja di UD. Bintang Jaya Bibit dengan pertimbangan UD. Bintang jaya bibit memproduksi jati menggunakan dua metode dan produksinya cukup banyak. Metode analisis yang digunakan adalah analisis biaya, analisis penerimaan, analisis pendapatan, dan analisis efisiensi usaha (R/C rasio). Hasil analisis menunjukkan bahwa Usaha pembibitan jati secara vegetatif dan generatif pada UD. Bintang Jaya Bibit menguntungkan dan pembibitan jati secara vegetatif lebih efisien dibandingkan dengan pembibitan jati secara generatif.

References

Dewi, S.E., Rosnina. dan Selvy, H. 2016., Teknologi perbanyakan tanaman generatif dan vegetatif, Modul, Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh, Aceh.
Nur, F.A. dan Nuraini, I. 2011, “Analisis Potensi Ekonomi Sektoral Pada Empat Kabupaten Di Pulau Madura”, Vol. 9, No. 1 hal. 21-41.
Pudjiono, S. 2014, Produksi Bibit Jati Unggul (Tectona grandis L.f.) Dari Klon dan Budidayanya, Edisi Pertama, November 2014, IPB Press., Bogor.
Puspitasari, R. 2009., Analisis Kelayakan Usaha Jati Unggul Nusantara Dengan Pola Bagi Hasil (Studi Kasus pada Unit Usaha Bagi Hasil Koperasi Perumahan Wanabakti Nusantara), Skripsi, Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Soekartawi. 1995, Analisis Usahatani, UI Press., Jakarta.
Soekartawi. 2002, Pengantar Agroindustri, Raja Grafindo Persada., Depok.
Published
2019-12-10