Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Tumbuhan Etnofarmaka Lengkuas Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep

  • Yudhi Qurniawan Program Studi Agribisnis Fakultas PertanianUniversitas Wiraraja Sumenep
Keywords: Persepsi Masyarakat, Manfaat Lengkuas, Penyuluhan

Abstract

Pemanfaatan lengkuas sebagai obat tradisional dalam suatulingkungan masyarakat Sumenep biasanya menerapkan dan meneruskan metode yang telah didapatkan secara turun-temurun yang berasal dari orang tua atau orang-orang yang masih memiliki kebiasaan menggunakan tanaman untuk bahan pengobatan tradisional. Adanya interaksi tersebut membentuk persepsi sebagai rangsangan dalam sikap dan tindakan manusia terhadap tanaman obat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap peran tumbuhan etnofarmaka lengkuas di Kecamatan Rubaru.Lokasi penelitian di Desa Matanair dan Desa Tambak Sari Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep. Metode analisis data yang digunakan ialah analisi Deskriptif untuk menjelaskan bagaimana persepsi masyarakat terhadap peran tumbuhan etnofarmaka lengkuas dan analisis skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat setuju bilamana tumbuhan lengkuas merupakan tanaman obat yang memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan masyarakat dan membawa dampak yang sangat baik bagi masyarakat, khususnya penyakit kulit seperti panu. Selain itu masyarakat juga meyakini bahwa tanaman lengkuas dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Perlu adanya penyuluhan mengenai peran danmanfaat tumbuhan lengkuas serta tumbuhan obat lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

References

Arie, U., 1999. Pembibitan dan Pembesaran Bullfrog, Penebar Swadaya, Jakarta.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.
David P. 2002. Menerapkan Strategi Menjadi Aksi Balanced Scorecard. Alih bahasa oleh Peter R Yosi Pasla, dkk. Erlangga. Jakarta.
David, F R. 2004 Manajemen Strategis konsep-konsep. PT. Indeks kelompok Gramedia. Jakarta.
Hunger, J. David and Thomas L Wheelen. 2003. Manajemen Strategis. Penerbit Andi. Yokyakarta.
Iskandar, D.T. 1998. Amfibi Jawa dan Bali LIPI Seri Panduan Lapangan. Bogor: Puslitbang LIPI.Kerinci. 2011Http://www.kerinci.org/id/about-_frog.html. Diunduh pada tanggal 23 November 2011 pada pukul 14.30.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009 Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Jakarta: Erlangga.
Mahmudi. 2016. Strategi Pengembangan Home Industri Keripik Paru Ibu Alim. Skripsi: Universitas Wiraraja. Sumenep.
Rahardi, D. 2008. SWOT Analysis Pengertian dan Tujuan. http://dickyrahardi.com/. Diakses 20Oktober 2008. Kecamatan Bumiaji Kota Batu.
Soekardono, dkk. 2005. Teori Ekonomi Makro Pendekatan Grafis dan Matematis. Pondok Edukasi. Malang.
Soekartawi. 1990. Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Soekartawi. 2002. Analisis Usaha tani. Universitas Indonesia. Jakarta
Published
2019-12-10