Analisis Usahatani Padi Sawah Dengan Sistem Tanam Jajar Legowo di Desa Ganding Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep

  • Ribut Santosa Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unija
Keywords: Usahatani Padi, Jajar legowo, Pendapatan, dan Efisiensi

Abstract

Usahatani padi dengan sistem jajar legowo  merupakan salah satu inovasi yang mendukung pengembangan pertanian. Inovasi merupakan segala sesuatu menyangkut ide, cara-cara ataupun obyek yang dianggap ‘baru’ bagi seseorang. Inovasi ini dapat berupa barang (bersifat fisik) dan bukan barang (bersifat non-fisik). Inovasi bersifat fisik yang menimbulkan konsekuensi tindakan-tindakan kongkret yang mudah dalam menilai keberhasilannya, seperti terasering, reboisasi dan pola tanam.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan dan efisiensi usahatani Padi Sawah Sistem Jajar Legowo di Desa Ganding Kecamatan Ganding  Kabupaten Sumenep. Metode yang digunakan untuk mengetahui pendapatan menggunakan rumus Y= TR –TC dan analisis efisiensi dengan rumus R/C rasio. Hasil penelitian menunjukkan nilai pendapatan usahatani padi dengan sistem Jajar Legowo  sebesar Rp. 6.658.102 dengan efisiensi R/C rasio sebesar 1,67.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
Dalimunthe, Arpan,2012. Komparasi Usahatani Padi Sawah Sistem Irigasi Dengan Padi Sawah Sistem Tadah Hujan (Studi kasus : Desa Bakaran Batu dan Kelurahan Paluh Kemiri Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang).Skrepsi.Dep. Agribisnis Fak. Pertanian Univ.Sumatera Utara. Medan. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/37916 (Diakses 29-10-2015)
Hadi, S. 1984. Statistik Jilid 1. : Andi Publiser. Jakarta
Ridwan dan Kuncoro, 2006. Metode dan Tehnik Menyusun Tesis. Alfabeta Bandung.
Saptana, 2001. Rekayasa Optimalisasi
Alokasi Air Irrigáis Dalam Rangka Peningkatan Produkai Pangan dan Pendapatan Petani. Buletin AgroEkonomi, Vol 1 No 3 . Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian.
Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani.Jakarta : Universitas Indonesia
Published
2019-12-10