ANALISIS KOMPARATIF USAHATANI JAHE MERAH DAN JAGUNG PADA LAHAN KERING DI DESA MANDING LAOK KECAMATAN MANDING KABUPATEN SUMENEP

  • Lailatul Qomariah Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja
  • Ika Fatmawati Pramasari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja
  • Purwati Ratna Wahyuni Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja
Keywords: Jahe Merah, Jagung, Komparatif, Lahan kering

Abstract

Terjadinya pergeseran gaya hidup masyarakat untuk menjalani gaya hidup kembali ke alam, yang meyakini bahwa mengkonsumsi obat herbal relatif tidak memiliki efek samping dibandingkan dengan obat berbahan dasar kimia. Hal ini mempengaruhi permintaan akan obat tradisional sehingga prospek pasar komoditas biofarmaka menjadi semakin besar. Salah satu tanaman biofarmaka yang paling banyak diminta adalah jahe merah. Desa Manding Laok Kecamatan Manding memiliki jenis lahan yang kering. Jenis lahan tersebut sangat cocok untuk ditanami tanaman jahe merah dan jagung. Kedua tanaman tersebut memiliki waktu tanam dan jenis lahan yang sama, oleh karena itu dengan adanya hal tersebut maka perlu dilakukan analisis komparatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparatif pendapatan serta efisiensi usahatani pada tanaman jahe merah dan jagung di Desa Manding Laok Kecamatan Manding. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah analisis biaya (biaya tetap, biaya variabel dan total biaya), penerimaan(total penerimaan, jumlah output dan harga), pendapatan (pendapatan, total penerimaan dan biaya total), efisiensi (RC/ratio) dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) usahatani jahe merah lebih menguntungkan daripada usahatani jagung. (2) Usahatani jahe merah lebih efisien daripada usahatani jagung. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara usahatani jahe merah dan jagung.

References

Badan Pusat Statistik. 2021. Kabupaten Sumenep Dalam Angka. BPS Kabupaten Sumenep.
Badan Pusat Statistik. 2022. Kabupaten Sumenep Dalam Angka. BPS Kabupaten Sumenep.
Lakner, Zoltán, ErzsébetSzabó, ViktóriaSzűcs, and AndrásSzékács. 2018. “Network and Vulnerability Analysis of International Spice Trade.” Food Control 83: 141–46.
Paeru, RH., dan Dewi, TQ. 2017. Panduan Praktis Budidaya Jagung. Jakarta : Penebar Swadaya. Cetak 1.
Saadudin D, Rusman Y, Pardani C. 2016. Analisis biaya, pendapatan dan R/C usahatani jahe. Agroinfo Galuh 3(1): 1– 7.
Soekartawi. 1995. Analisis Usaha Tani. UI-Press, Jakarta.
Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Soekartawi. 2011. Ilmu Usaha Tani. Universitas Indonesia : Jakarta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (16th ed.). Bandung: Alfabeta
Published
2023-08-22
Abstract viewed = 39 times
PDF downloaded = 45 times