PENYULUHAN DAN EVALUASI PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DI KECAMATAN GAPURA KABUPATEN SUMENEP

(Study Kasus Poktan Budi Pekerti Karang Budi Desa Karang Budi)

  • Achmad Syarif Nur Fajrullah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sumenep
  • Delly Hos Kapila Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sumenep
Keywords: Penyuluhan, Pupuk Organik, Kelompok Tani, Evaluasi

Abstract

Penyuluhan pupuk organik telah dilaksanakan di Kelompok Tani Budi Pekerti Karang Budi Desa Karang Budi Kecamatan Gapura  Kabupaten Sumenep. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek pengetahuan dan sikap anggota kelompok tani tentang pembuatan pupuk organik serta efektifitas dari penyuluhan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2022 di Kelompok Tani Budi Pekerti Karang Budi Desa Karang Budi Kecamatan Gapura  Kabupaten Sumenep. Lokasi dan responden dipilih secara sengaja karena Desa Karang Budi Kecamatan Gapura memiliki potensi yang besar dalam bidang pertanian khususnya tanaman pangan. Metode penyuluhan yaitu menggunakan ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Adapun jumlah responden sebanyak 20 orang yang merupakan anggota kelompok tani. Sebelum pelaksanaan penyuluhan, responden dilakukan test awal dan tes akhir saat pelaksanaan penyuluhan selesai.

Hasil penelitian tentang capaian perubahan pengetahuan sebesar 61,29 % perubahan pengetahuan petani. Terlihat dari tingkat pengetahuan responden terhadap materi yang disampaikan memenuhi kriteria tingkat pemahaman yang baik.  sedangkan Efektivitas penyuluhan yang diperoleh sebesar 76 % masuk kategori efektif dan pada aspek sikap pada kegiatan penyuluhan mampu memotivasi sasaran dalam pembuatan pupuk organik mencapai 74,67 % dengan kategori baik.

References

Abdullah, R. (2012). Peranan penyuluhan dan kelompok tani ternak untuk meningkatan adopsitehnologi peternakan sapi potong.Proseding Seminar Nasional Sapi Potong. Hal. 188-195.
Arif, W. 2011. Evaluasi Psikologi Komunikasi dan Efektivitas Komunikasi. Thesis Universitas Sebelas Maret. Diakses 18 Juli 2023 http://psikom-mamoy.blogspot.com/2011/11/efekti vitas-komunikasi.html
Daryanto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Huda, S., & Wikanta, W. (2017). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pemanfaatan Limbah Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik Sebagai Upaya Mendukung Usaha Peternakan Sapi Potong di Kelompok Tani Ternak Mandiri Jaya Desa Moropelang Kec. Babat Kab. Lamongan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1, 26–35.
Nenobesi, D., Mella, W., & Soetedjo, P. (2017). Pemanfaatan Limbah Padat Kompos Kotoran Ternak dalam Meningkatkan Daya Dukung Lingkungan dan Biomassa Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata L.). Pangan, 26, 43–55.
Nugraha, P. & Amini, N. (2013). Pemanfaatan Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. 2, 193–197.
Prihandini, P.W., & Purwanto, T. 2007. Petunjuk Teknis Pembuatan Kompos Berbahan Kotoran Sapi. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Depertemen Pertanian.
Sulistiyono. 2010. Pengetahuan Sikap Dan Tindakan Petani Bawang Merah Dalam Penggunaan Pestisida (Studi Kasus di Kabupaten Nganjuk Propinsi Jawa Timur). J. Agroland. Diakses 18 Juli 2023, http://jurnaluntad.ac.id/jurnal/index.php/AGROLAND/article/viewFile/37/3.
Subekti, K. (2015). Pembuatan kompos dari kotoran sapi (komposting). Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Published
2023-08-12
Abstract viewed = 83 times
PDF downloaded = 86 times