DIMENSI STRATEGIS YANG BERPENGARUH TERHADAP KEMANDIRIAN DAN EFEKTIVITAS BIROKRASI

  • Djoko S Muhartono Kaprodi Ilmu Administrasi Negara FIA-UPD Kediri
Keywords: Demokrasi, Dimensi Strategis, Kemandirian dan Efektivitas Birokrasi, Pelayanan Publik, Administrator Pembangunan

Abstract

Pada era reformasi selama ini terjadi kegairahan demokrasi, sehingga ada gerakan perubahan yang relatif cepat seiring dengan cepatnya tuntutan oleh publik untuk kesejahteraan. Di sisi lain reformasi birokrasi menjadi sebuah keharusan untuk segera dilakukan secara cepat pula. Namun tidak seperti membalik telapak tangan, ada kendala kelembagaan yang telah “mendarah daging,” yaitu yang terasa masih menganggap birokrasi masih memegang kekuasaan untuk memaksa publik menuruti keinginannya, padahal seharusnya harus berubah, dari dilayani menjadi melayani publik. Kekuatan demokrasi sangat kuat berada di tangan rakyat, cepat atau lambat birokrasi akan menghadapi gelombang demokrasi di masa mendatang. Apabila tidak diantisipasi mulai sekarang, akan kesulitan untuk mengarahkan gelombang demokrasi tersebut dan akan fatal apabila terlambat akan menimbulkan situasi ketidak percayaan rakyat terhadap birokrasi dan terakhirnya risiko terburuk adalah demokrasi berubah menjadi anarkhi. Jawaban masalah ini adalah dengan memperhatikan dimensi strategis birokrasi yang segera digarap, yaitu: intervensi politik, kapasitas, remunerasi, penempatan dan rotasi. Dimensi strategis ini apabila digarap dengan baik akan memperkuat kemandirian dan efektivitas birokrasi. Dengan kemandirian dan efektivitas birokrasi ini akan meningkat kualitas pelayanan publik sehingga ada kepuasan publik dan demikian pula akan menjadi administrator pembangunan yang profesional untuk mensejahterakan publik.

References

Dewi. 27 Mei 2009. dalam dewi.students-blog.undip.ac.id/tag/efektivitas
Downs, Anthony. 1967. Inside Bureaucracy. USA, Boston: Little, Brown and Company.
Frederickson, H. George dan Kevin B. Smith. 2003. The Administration Theory Primer (Essentials of Public Policy and Administration). First Edition. USA: Westview Press.
Flippo, Edwin B. 1990. Manajemen Personalia. Jilid 1. Terjemahan Moh. Masud. Cetakan Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Gibson, Ivancevich, Donnely. 1983. Organisasi dan Manajemen. Terjemahan Djoerban Wahid. Cetakan Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Menurut Lamman, dkk (1998) dalam www.psychologymania.com/2013/02/Aspek-aspek Kemandirian.html.
Yustiono, Eris (Peny). et all. 2009. Aktualitas Konsep Birokrasi Max Weber dalam menjawab Tantangan Reformasi Birokrasi di Indonesia. Bandung: STIA LAN RI.
Published
2018-08-20