SISTEM INFORMASI PENGAJUAN MUSTAHIK ZAKAT BERBASIS WEB DI BADAN AMIL ZAKAT KABUPATEN BANYUWANGI

  • Abdus Samad Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ibrahimy, Situbondo
  • Taufik Saleh Teknologi Informasi, Universitas Ibrahimy
  • Irma Yunita Teknologi Informasi, Universitas Ibrahimy
  • Zaehol Fatah Teknologi Informasi, Universitas Ibrahimy
  • Jarot Dwi Prasetyo Teknologi Informasi, Universitas Ibrahimy
  • Muhammad Dzikry Afandi Teknologi Informasi, Universitas Ibrahimy
Keywords: Sistem Informasi, Zakat, BAZNAS

Abstract

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyuwangi sendiri sering mendapat keluhan dari masyarakat setempat, hal itu dikarenakan masih belum efektifnya proses pengajuan mustahik zakat atau orang yang berhak menerima zakat. Proses pengajuan yang berlangsung sendiri memakai proposal berbasis kertas, dalam implementasinya proses ini sendiri memakan waktu paling cepat sekitar satu minggu. Hal tersebut tentunya menghambat proses pengajuan dari masyarakat terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi yang mencakup proses pengajuan, persetujuan, pendistribusian, dan pertanggung jawaban. Sistem ini dirancang dengan menggunakan metode waterfall, yang diharapkan adalah kemudahan dalam membangun tahapan demi tahapan yang tersusun secara baik. Hasil dari penelitian ini adalah proses pengajuan dapat berlangsung dengan efektif dan efisien, dan bisa memenuhi ekspektasi masyarakat kabupaten banyuwangi.

References

[1] D. Andini Putri, S. Ernawati, N. Mandiri Jl Damai No, W. Jati Barat Jakarta Selatan, and S. Informasi STMIK Nusa Mandiri Jl Damai No, “Pengembangan Subsistem Aplikasi Zakat Online Berbasis Web Pada Baznas Kota Bogor Menggunakan Model Waterfall,” 2019.
[2] S. Susilowati, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Zakat, Infaq, Shadaqoh, Waqaf dan Hibah Menggunakan Metode Waterfall,” Maret, vol. 19, no. 1, p. 52, 2017.
[3] P. Risma, E. Pande, N. Tri, A. Putra, N. Wayan, and S. Putri, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengajuan Kredit Pada Bum Desa Bersama Santhi Sedana.”
[4] F. Indriyani and A. G. Wahyu, “Sistem Informasi Pengelolaan Zakat Profesi Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bogor,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 4, p. 188, 2018, doi: 10.26418/justin.v6i4.28081.
[5] W. O. S. Abdul Rasyid Sabirin, “Manajemen Zakat Berbasis Sistem Informasi Pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Baubau,” J. Inform., vol. 8, no. 1, p. 16, 2019.
[6] A. Homaidi and A. Lina, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web dalam Rangka Mendukung Evaluasi Kinerja Akademik dan Dosen di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Ibrahimy,” Appl. Technol. Comput. Sci. J., vol. 2, no. 1, pp. 25–38, 2019, doi: 10.33086/atcsj.v2i1.1125.
[7] A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.
[8] R. S. Pressman, Software engineering: a practitioner’s approach. Palgrave macmillan, 2005.
[9] F. Soufitri, “Perancangan Data Flow Diagram Untuk Sistem Informasi Sekolah (Studi Kasus Pada Smp Plus Terpadu),” Ready Star, vol. 2, no. 1, pp. 240–246, 2019.
Published
2024-06-11
Abstract viewed = 33 times
Full Text downloaded = 21 times