Sistem Informasi Pemesanan dan Laporan Keuangan Jasa Sablon Pakaian di Yuan Shop Menggunakan Metode Agile Development

  • Wali Ja'far Shudiq Universitas Nurul Jadid
  • Andi Wijaya Universitas Nurul Jadid
  • Ahmad Khairi Universitas Nurul Jadid

Abstract

Yuan Shop merupakan salah satu tempat usaha pemesanan jasa sablon di Desa Kebonagung Kecamatan Kraksaan yang melayani jasa sablon sesuai dengan permintaan pelanggan. Pemesanan di Yuan Shop dilakukan secara offline dan melaluiaplikasi WhatsApp. Terdapat berbagai permasalahan dari sistem ini, yaitu masih mengharuskan pelanggan datang ke tempat untuk melakukan pemesanan jasa sablon dan melakukan pembayaran, sehingga terkendala jarak dan waktu untuk menuju ke tempat pemesanan sablon. Pemesanan yang dilakukan melalui aplikasi WhatsApp juga memiliki kekurangan, yaitu ketika terlalu banyak chat pemesanan yang masuk sehingga akan sulit untuk melakukan pencatatan banyaknya pesanan. Pemilik melakukan pencatatan pemesanan dan rekapitulasi laporan keuangan secara manual menggunakan buku catatan, sehingga dapat berdampak terhadap kinerja pemilik usaha dalam melakukan pencatatan pemesanan dan rekapitulasi laporan keuangan setiap bulannya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem informasi pemesanan dan laporan keuangan yang dapat mengatasi permasalahan yang ada. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu Metode Agile Development, untuk desain sistemnya menggunakan Flowchart, DFD, dan ERD. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah Menghasilkan Sistem Informasi Pemesanan dan Laporan Keuangan Jasa Sablon Pakaian di Yuan Shop yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pemesanan jasa sablon pakaian serta dapat mempermudah pemilik usaha sablon mengetahu hasil laporan keuangan setiap bulannya.

References

[1] Y. Anggraini, D. Pasha, and A. Setiawan, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS : ORBIT STATION),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 2, p. 9.
[2] W. Chandra and R. Amalia, “Sistem Informasi Pemesanan Kamar MESS PT. KAI Persero Divre III Sumatera Selatan,” Com, Engine, Sys, Sci, vol. 4, no. 1, p. 88, Jan. 2019, doi: 10.24114/cess.v4i1.11416.
[3] A. Sucipto, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN OLEH SALES MARKETING PADA PT ERLANGGA MAHAMERU,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, p. 8.
[4] D. Sukrianto and D. Oktarina, “Pemanfaatan Teknologi Barcode Pada Sistem Informasi Perpustakaan Di Smk Muhammadiyah 3 Pekanbaru,” JOISIE, vol. 1, no. 2, p. 136, Jan. 2019, doi: 10.35145/joisie.v1i2.216.
[5] H. A. Mubarok and D. Bernadisman, “SISTEM INFORMASI PEMESANAN BARANG BERBASIS WEB PADA TOKO KELONTONG AMANAH,” vol. 7, no. 1, p. 11, 2021.
[6] Z. R. Saputri, A. N. Oktavia, L. S. Ramdhani, and A. Suherman, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN MAKANAN BERBASIS WEB PADA CAFE SURABIKU,” JATI, vol. 9, no. 1, pp. 66–77, Mar. 2019, doi: 10.34010/jati.v9i1.1378.
[7] F. A. Sandi and L. Septiana, “Perancangan Sistem Informasi Point Of Sales Berbasis Web Pada Perusahaan Sablon,” Computer Science, vol. 1, no. 2, p. 8, 2021.
[8] M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” vol. 21, no. 1, p. 22, 2021.
[9] N. Hikmah, A. Suradika, and R. A. A. Gunadi, “METODE AGILE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU MELALUI BERBAGI PENGETAHUAN (KNOWLEDGE SHARING),” p. 10.
[10] K. Anwar, L. D. Kurniawan, M. I. Rahman, and N. Ani, “Aplikasi Marketplace Penyewaan Lapangan Olahraga Dari Berbagai Cabang Dengan Metode Agile Development,” SISFOKOM, vol. 9, no. 2, pp. 264–274, Aug. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i2.905.
Published
2023-06-30
Abstract viewed = 41 times
Full text (Bahasa Indonesia) downloaded = 23 times