ANALISIS SALURAN PEMASARAN JAMBU AIR (Syzygium Aqueum) VARIETAS WULUNG DI KABUPATEN SUKOHARJO

  • Umi Nur Solikah Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Batik Surakarta
  • Suwardi Suwardi Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Batik Surakarta
  • Abdul Bashir ASN BPP Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo
  • Mufida Diah Lestari Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Tulungagung
Keywords: Saluran Pemasaran, Jambu Air, Wulung

Abstract

Salah satu buah yang di budidayakan di Indonesia adalah jambu air. Jambu air merupakan tanaman yang dapat tumbuh di daerah tropis dan beriklim panas. Spesies ini juga tumbuh dengan baik di daerah basah dan lembab yang bercurah hujan tinggi setiap tahun. Selain mudah di budidayakanjambu air mampu beradaptasi karena dapat bertahan hidup pada semua jenis tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pemasaran dan margin pemasaran jambu air (Syzygium Aqueum ) varietas wulung di Kabupaten Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan studi kasus. Penentuan lokasi penelitian di lakukan secara sengaja (purposive) yaitu di Desa Pranan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo, dengan pertimbangan bahwa Desa Pranan merupakan daerah penghasil jambu air warietas wulung. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan melalui wawancara dengan responden, saluran pemasaran jambu air varietas wulung terdiri  dari dua saluran, yaitu:

  1. Petani      Konsumen
  2. Petani   Pedagang pengecer        Konsumen

Margin pemasaran yang diperoleh dari kedua saluran pemasaran adalah Rp.0,. berada pada saluran I dan Rp. 4.000,. berada pada saluran II.

References

Amstrong, Kottler. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Anonim. 2020. Buah jambu air, Penyembuh berbagai penyakit. https://www.greeners.co/flora-fauna/buah-jambu-air-penyembuh-berbagai-penyakit/. Diakses tanggal 5 Juni 2020.
_______. 2021. Jambu Wulung Sudah Panen, Yang Mengkilap dan Besar Lebih Mahal. https://radarsolo.jawapos.com/daerah/sukoharjo/27/06/2021/jambu-wulung-sudah-panen-yang-mengkilap-dan-besar-lebih-mahal/. Diakses Tanggal 5 Juli 2022.

Az Zahra, Fatimah, dan Dahlia Nauly. 2021. Analisis Saluran Pemasaran Belimbing Dewa Di Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness) Vol 9 No 1, Juni 2021.

Daniel, Moehar. 2003. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamdani. 2018. Mau yang Seger-seger?Coba Ini, Jambu Wulung Dari Pranan Sukoharjo. https://joglosemarnews.com/2018/07/mau-yang-seger-segercoba-ini-jambu-wulung-dari-pranan-sukoharjo/. Diakses Tanggal 5 Juli 2022.

Kurniawati, Yusni. 2011. Pemanfaatan Lahan Perbukitan Untuk Usaha Tani Tanaman JambuMete (Anacardium Occidentale) Di Desa Karangtengah KecamatanImogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta. UNY. Yogyakarta.

Mardikanto, T. 2006. Prosedur Penelitian untuk Kegiatan Penyuluhan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Prima Theresia Pressindo. Surakarta

Mulyani, Andi Sri. 2017. Saluran Pemasaran Karet Di Desa Dumpu Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Universitas Muhammadyah Makasar.

Risnandar, Cecep. 2018. Jambu Air. https://jurnalbumi.com/knol/jambu-air/. Diakses Tanggal 5 Juli 2022.

Soekartawi. 1993. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Teori dan Aplikasinya. Bogor: Raja Grafindo Persada.

Sudiyono. 2004. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang Press. Malang.
Published
2024-05-26
Abstract viewed = 26 times
pdf downloaded = 39 times