KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM ONLINE LEARNING EDMODO DI SMKN 1 SUMENEP

  • Herowati Herowati
Keywords: kemandirian belajar, online learning, edmodo

Abstract

SMKN 1 Sumenep adalah sekolah yang telah menerapkan e-learning melalui edmodo pada mata pelajaran simulasi digital khususnya di kelas X APK 1. Edmodo digunakan dalam kegiatan pembelajaran  supaya  siswa  bisa  belajar  secara  mandiri  tanpa  bergantung  pada  guru  dan  siswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa dalam online learning edmodo pada mata pelajaran simulasi digital. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif  yang menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu daftar wawancara, lembar observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan online learning edmodo di SMKN 1 Sumenep sudah efektif. Dalam pelaksanaan online learning edmodo didukung dari beberapa hal: sarana pendukung pembelajaran berbasis online, berbagai fasilitas belajar, jaringan internet yang menjangkau seluruh lingkungan sekolah, empat ruang laboratorium computer yang cukup memadai untuk kegiatan pembelajaran berbasis IT, pemberdayaan teknologi pembelajaran dan media pembelajaran, sarana HP Androit, laptop, netbook siswa, guru terlatih untuk membangun online learning edmodo di SMKN 1. Selain pendukung penerapan online learning edmodo ada beberapa hambatan diantaranya pertama  yaitu  tidak adanya jaringan internet ketika siswa di  rumah sehingga tidak semua siswa menerima tugas guru yang bisa disampaikan setiap  waktu, tidak adanya pelatihan untuk fitur untuk orang  tua/wali siswa  untuk  masuk  ke  dalam  grup  kelas dalam edmodo.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Adzar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Horton, W. 2006. E-learning by Design. San Fransisco: Pfeiffer
Priowirjanto, Gatot. 2013. Southeast Asian Ministers Of Education Organization Regional Open Learning Centre. Online. Diakses 4 Desember 2013.
Saihaan, S. 2003. E-Learning (Pembelajarn Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 042. Tahun ke 9. Mei 2003.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi: Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
SEAMOLEC Magazine, hlm 2 Smaldino, Sharon E, et al. 2011. Instructional Technology & Media For Learning; Technology Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Edisi ke 9. Diterjemahkan oleh: Arif Rahman. Jakarta: Kencana.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Section
LENTERA SAINS