APLIKASI MOBILE LEARNING BERBASIS SMARTPHONE ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA UNIVERSITAS WIRARAJA SUMENEP

  • Helliyatul Matlubah
  • Anik Anekawati
  • Ngadi Ngadi
Keywords: mobile learning, Android, sumber belajar dan Smartphone

Abstract

Pengembangan sumber belajar berbasis Smartphone Android didasarkan pada beberapa fakta yang menunjukkan bahwa teknologi Android tidak dimanfaatkan secara optimal khususnya oleh mahasiswa. Sebanyak 62,3% mahasiswa Prodi Pendidikan IPA adalah pengguna Android namun beberapa diantaranya hanya menggunakan Android sebagai sarana komunikasi, sebatas gaya hidup atau sarana media sosial, padahal Android tidak hanya memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi melainkan berpotensi multifungsi seperti media informasi, sosial dan pembelajaran yang sifatnya portable. Kebutuhan terhadap media pembelajaran berbasis teknologi ini muncul ketika sumber belajar hanya terbatas pada materi yang diberikan dosen, buku yang jumlahnya terbatas atau materi yang hanya disajikan dalam bentuk power point yang dibatasi tempat dan waktu sehingga belum mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk memperkaya pengetahuannya pada materi kuliah. Oleh karena itu, tujuan penelitian adalah: (1) mengembangkan model aplikasi mobile learning berbasis Smartphone Android sebagai sumber belajar mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Universitas Wiraraja; dan (2) mengetahui efektifitas aplikasi mobile learning sebagai sumber belajar mahasiswa  Prodi Pendidikan IPA Universitas Wiraraja. Desain penelitian yang digunakan adalah model Penelitian dan Pengembangan dari Sugiyono (2013) yang dimodifikasi disesuaikan dengan tujuan dan subyek penelitian. Desain uji coba produk menggunakan One-Group Pretest-Posttest. Dari hasil uji coba produk diperoleh data hasil belajar kognitif, motivasi belajar, dan respon mahasiswa terhadap aplikasi. Data hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji t sampel bebas. Hasil penelitian berupa aplikasi mobile learning yang digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa. Efektifitas aplikasi dapat dikatakan baik karena dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, respon mahasiswa dan hasil belajar kognitifnya. Aplikasi dibuat dengan menggunakan beberapa software diantaranya adalah Eclipse IDE (Integrated Development Environment), SDK (Software Development Kit), JDK (Java SE Development Kit) dan ADT (Android Development Tools. Aplikasi memuat materi kuliah, tabel, gambar dan latihan soal beserta jawabannya. Selain itu, aplikasi juga memuat jurnal dan referensi yang dapat diunduh secara online.

References

Arends, Richard I. 2012. Learning to Teach Ninth Edition. New York : The McGraw-Hill Companies, Inc.
Barakati, Dijey Pratiwi. 2013. Dampak Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Persepsi Mahasiswa). Jurnal. Manado: Universitas Sam Ratulangi.
Chuzaimah, dkk,. 2010. Smartphone: antara Kebutuhan dan E-Lifestyle. Seminar Nasional Informatika 2010. UPN Veteran Yogyakarta, 22 Mei 2010.
Fauziyatun N, Nur. 2014. Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Semarang : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Handayani, Febria Sri. 2014. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna terhadap Web Student Portal Palcomtech. Jurnal Teknologi dan Informatika (Teknomatika). Vol. 4. No. 1. Hal. 307-319.
Heru, Sri Kumoro. 2013, 28 Maret. Rekening Telepon Seluler Sangat Potensial. Kompas (online). http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/03/28/11252882/Rekening. Telepon.Seluler.Sangat.Potensial diakses pada tanggal 7 Oktober 2015.
Ichwan, M dan Fifin Hakiky. 2011. Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) pada Aplikasi Mobile Android (Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku). Jurnal Informatika. No.2 , Vol. 2, Mei – Austus 2011. Hal. 13-21.
Kukulska-Hulme, Agnes. 2014. Smart Devices or People? A Mobile Learning Quandary. International Journal of Learning and Media. Volume 4, Number 3–4. Hal. 73-77.
Lengkong, dkk,. 2015. Perancangan Penunjuk Rute pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android yang Terintegrasi pada Google Maps. E-journal Teknik Elektro dan Komputer. Hal.18-25.
Maclean, Dave, dkk,. 2015. Pro Android 5. New York: Apress.
Majid, Abdul. 2012. Mobile Learning. Makalah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Sekolah Pascasarjana (S‐3).
Miangah, Tayebeh Mosavi dan Amin Nezarat. 2012. Mobile-Assisted Language Learning. International Journal of Distributed and Parallel Systems. Vol. 3, No. 1,January 2012. Hal. 1-11.
Mulyawan, Sang dan Arief Budiman. 2013. Perancangan Aplikasi Pembelajaran tentang Tindak Pidana Korupsi Berbasis Mobile. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2013 pada tanggal 9 Maret 2013. Yogyakarta.
Presiden Republik Indonesia. 2012. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 24. Sekretariat Kabinet. Jakarta.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Santrock, John. 2010. Psikologi Pendidikan. Edisi ke 2. Diterjemahkan oleh: Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sa’ud, Udin Syaefudin. 2013. Inovasi Pendidikan (Riduwan Ed.). Bandung: Alfabeta.
Setyorini. 2014. Desain Media Pembelajaran Berbasis Android Studi Empiris Mata Pelajaran Java. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA.Vol. 8 No. 1, Hal.10-14.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Section
LENTERA SAINS