PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN IPA KONTEKSTUAL BERBASIS EKOSISTEM MANGROVE

  • Habibi Habibi
Keywords: IPA, pembelajaran kontekstual, pemahaman siswa, ekosistem mangrove

Abstract

Guru IPA dituntut oleh kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran secara kontekstual. Kawasan pesisir Sumenep dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPA dengan mengembangkan suatu strategi pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi dan perangkat pembelajaran IPA berbasis ekosistem mangrove dan menganalisis pemahaman serta respon siswa setelah penerapan strategi dan perangkat yang dikembangkan. Model pengembangan diadaptasi dari model 4D dengan pelaksanaan tahapan define, design dan develop. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemahaman kontekstual siswa mengenai materi ekosistem mangrove dan angket respon siswa terhadap strategi dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Subyek penelitian adalah siswa MA Nurul Amien. Bentuk produk yang dikembangkan dianalisis secara deskriptif, pemahaman siswa dianalisis dengan uji beda (uji W), sedangkan respon siswa dianalisis dengan menghitung frekuensi respon positif dan negatif siswa terhadap strategi ataupun perangkat yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kontestual tipe experiencing diintegrasikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Nilai signifikansi untuk uji beda pretest dan posttest adalah sebesar 0,002 menunjukkan adanya perbedaan secara signifikan. Nilai respon siswa terhadap pembelajaran adalah 100% untuk respon positif.

References

Arends, R. I. Kilcher, Ann. 2010. Teaching for Student Learning. New York: Taylor and Francis Group.
Arends, R. I. 2009. Learning to Teach. Edisi Sembilan. New York: McGraww Hill Companies.
Baswedan, A. 2014. Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Christanty, L. Moosa, M.K. Sukarno. Abrar, M. 2008. Ekosistem Pesisir dan Laut, Potensi dan Pemanfaatan Ramah Lingkungan. Jakarta: COREMAP-LIPI.
Crawford, M. L. 2001. Teaching Contextually. Waco: CORD.
Habibi. Anekawati, A. 2014. Pengembangan Lembar Catatan Keluarga (LCK) untuk Mendukung Pembelajaran IPA SMP/MTs Berbasis Kultur Masyarakat Pesisir. Jurnal Lentera Sains. Vol 3. Jilid I.
Hassard, J. 2005. The Art of Teaching Science. New York: Oxford University Press.
Hidayati, D. 2006. Pesisir dan Laut Kita, Panduan untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: COREMAP-LIPI.
Hodson, D. 2003. Teaching and Learning Science toward a Personalized Approach. Philadelphia: Open University Press .
Mulyatiningsih, E. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ormrod, J. E. 2012. Human Learning. Edisi enam. New Jersey: Pearson Education Inc.
Schunk, D. H. 2012. Learning Theories, an Educational Perspective. Edisi Enam. Boston: Pearson.
Sjafrie, NDM. Sumadhiharga, O.K. 2011. Kamus Kelautan. Jakarta: COREMAP-LIPI .
Undang-undang no. 1 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 27 tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil.