MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 AMBUNTEN DENGAN MENERAPKAN METODE KREATIVITAS

  • Arief Harmono Satriyotomo
  • Joni Santoso
Keywords: menciptakan sikap kreatif dan positif, prestasi belajar, metode kreativitas, penelitian tindakan kelas (PTK)

Abstract

Masalah pendidikan kita juga bisa berprestasi melalui kreativitas para pelajar Indonesia yang saat ini menempuh pendidikan di luar negeri. Beberapa waktu lalu kita telah berhasil memenangkan kompetisi ilmu pengetahuan dan teknologi se Asia melalui duta bangsa para pelajar SMP, SMA maupun perguruan tinggi. Olimpiade tersebut membuktikan bahwa sebenarnya kita mampu bersaing dengan bangsa lain dan mampu menunjukkan kualitas bangsa Indonesia di mata internasional. Perbedaan kita dengan kemampuan pelajar asing mungkin hanya terletak pada masalah kreativitas dan ketekunan. tujuannya adalah : 1)Untuk mengetahui kreativitas siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ambunten. 2) Untuk mengetahui dampak positif kreativitas terhadap prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ambunten. 3) Untuk mengetahui kontribusi kreativitas terhadap prestasi belajar siswa Kelas XII dalam upaya melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan (action research). Populasi siswa kelas XII Negeri 1 Ambunten tahun ajaran 2014-2015 terdiri dari enam kelas, dengan jumlah siswa 250 orang. Adapun sampel yang akan diteliti sejumlah 19 orang, Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling (acak). Random ini dilakukan dengan cara pengundian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Siswa yang dalam proses pembelajaran mempunyai sikap, kerjasama dan motivasi yang baik, akan berpengaruh besar dalam menunjang prestasi belajarnya. Semakin baik tingkat kreativitas, maka akan semakin baik pula prestasi belajar yang dicapai siswa. (2) Dampak positif kreativitas terhadap prestasi belajar: a) Menemukan ide/gagasan baru, b) Meningkatkan kreasi, c) Meningkatkan Apresiasi, d) Menumbuhkan rasa percaya diri, e) Menanamkan rasa tanggung jawab, f) Sikap dan tingkah laku yang baik, g) Nilai social, h) Menumbuhkan rasa disiplin; (3)Kontribusikreativitas terhadap prestasi belajarmemberikan kontribusi terhadap prestasi belajar siswa. Kontribusi tersebut berupa kemampuan siswa dalam mencetuskan ide/gagasan, berkreasi dalam setiap mata pelajaran dan mampu mengapresiasikan setiap mata pelajaran yang telah diberikan, sehingga mudah bagi siswa tersebut untuk mengikuti, menerima dan mengerti setiap pelajaran yang diberikan dan akhirnya dapat memberikan prestasi belajar yang memuaskan

References

Amien, Moh. 1980, Peranan Kreativitas dalam Pendidikan, Analisis Pendidikan. Depdikbud. Jakarta.
Bafadal. I. 1994. Proses Perubahan di Sekolah. Desertasi. Program Pasca Sarjana IKIP Malang.
...... 2003. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. 1982. Qualitative Research In Education. Boston: Allyn & Bacon.
Cohen, Louis. 1976. Educational Research in Classroom and Schools : A Manual of Materials and Methods. London : Harper & Row Publishers.
Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Menunjang Kecakapan Hidup Siswa. Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta.
Dick, W., dan Carey, L. 1985. The Systematic Design of Instruction. Second Edition. Dallas, Texas: Scott, Foresman dan Company.
........ 1977. Formative Evaluation. Dalam Leslie Briggs (Ed.). Instructional Design : Principle and Applications. New Jersey : Educational Technologi Puplications Englewood Cliffs, 311-333.
Getzels, J W, dan Philip W J. 1962. Creativity and Intelligence: Exploration With Gifted Students. London & New York: John Wiley & Sons, Inc.
Guilford, J P. 1964. Creative Abilities in the Art. Dalam Mednick, Martha T., dan Samoff A. Mednick (Ed.). Research in Personality. New York, Chicago, San Fransisco, Toronto, London, USA : Holt, Rindhart and Winston, Inc.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Moleong, L. J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1987. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Poerbakawaca, Soeganda. 1975. Suatu Pemikiran Mengenai Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Yayasan Idayu.
Sukirin. 1984. Psikologi Belajar. Yogyakarta: HP - IKIP Yogyakarta.
Winarno, S. 1985. Pengantar Penelitian ilmiah. Bandung : Tarsito.
Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.
How to Cite
Satriyotomo, A., & Santoso, J. (1). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 AMBUNTEN DENGAN MENERAPKAN METODE KREATIVITAS. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24929/lensa.v5i2.245
Abstract viewed = 40 times
PDF downloaded = 51 times