HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU HAMIL DALAM MELAKUKAN KUNJUNGAN K4 DI DESA KALIMO’OK KECAMATAN KALIANGET KABUPATEN SUMENEP

  • Dian Permatasari
  • Mujib Hannan

Abstract

Departemen Kesehatan memasang perencanaan menargetkan angka kematian ibu di tahun 2009 provinsi Jawa Timur mempunyai target cakupan pelayanan Antenatal (K1) 90% dan cakupan pelayanan Antenatal (K4) 85%. Tujuannya adalah Untuk menganalisis hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap ibu hamil dalam melakukan kunjungan K4 di Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian analitik berorientasi prospektif, dengan desain penelitian cross sectional, variabel independen pengetahuan, dan variabel dependen sikap ibu hamil. Waktu penelitian satu bulan di di Kalimo’ok  Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep dengan sampel 34 responden. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuisioner, analisa data menggunakan Median

Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki sikap negatif dalam melakukan kunjungan K4 di Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget, Sebagian besar (64, 7%) responden tingkat pengetahuan ibu kurang di Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget. Hasil statistik pengetahuan dengan sikap ibu hamil dalam melakukan kunjungan K4, Hasil analisa data menggunakan Median untuk pengetahuan, sikap ibu hamil dalam melakukan kunjungan K4 didapatkan masing-masing p value = 0,026 (< 0,05) yang bermakna ada hubungan pengetahuan, dengan sikap ibu hamil dalam melakukan kunjungan K4 di Desa Kalimo’ok Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep.

Upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan memperbaiki sikap ibu hamil dalam melakukan kunjungan K4, di perlukanya upaya promotif dari petugas kesehatan setempat agar kemudian pengetahuan dan sikap ibu hamil dalam melakukan kunjungan K4 bisa semakin membaik dari tahun ke tahun.

 Kata kunci: Pengetahuan - Sikap ibu hamil - K4

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2007. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
BKKBN (2006). Pelayanan Antenatal (ANC). http:// www. dinkes jateng.go.id. diakses pada tanggal 13 Maret 2013.
Cuningham, F.Gary. 2005a. Obsetri william. Edisi 21. Volume 2. Jakarta : EGC
Cuningham, F.Gary. 2005b. Obsetri william. Edisi 21. Volume 2. Jakarta : EGC
Depkes RI. 2004. Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA). Jakarta : Depkes, RI.
Hidayat Aziz Alimul A. 2007. Metode Penelitian Penulisan Ilmiah. Jakarta : Salemba Medika.
Manuaba. 2008. Pedoman Pelayanan Antenatal di Tingkat Pelayanan Dasar. Jakarta : Media Aescullapius Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2007. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Sukandarrumidi dan Haryanto. 2007. Dasar-dasar Penulisan Proposal Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sulistiawati, Ari. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika.
Widayatun, T.R. 2009. Konsep Sikap Manusia dalam Kesehatan. ECG. Jakarta.
Yelvira, Devita. (2012). Jurnal penelitian Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu-Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Fajar Tentang Pentingnya Antenatal Care Sebelum Dan Sesedah Penyuluhan http: //repository.unri.ac.id/bitstream/123456789/788/1/Artikel%20Publikasi%20Yelvira%20Devita.pdf. diakses tanggal 23 juli 2013.
Abstract viewed = 234 times
PDF downloaded = 469 times