PENERAPAN SOSIOLOGI HUKUM DALAM PERTIMBANGAN PUTUSAN PENGADILAN

  • Dian Novita Fakultas Hukum, Universitas Wiraraja Sumenep
Keywords: Sosiologi Hukum, Putusan Peradilan

Abstract

sesuai dengan cita-cita penegakan hukum kita serta mempertimbangkan dinamika dan perkembangan masyarakat maka penegakan hukum dengan pendekatan yuridis semata-mata sudah tidak memadahi. Pendekatan yuridis harus dilengkapi dengan pendekatan sosio-politik dan sosio-kultural. Pendekatan sosio-kultural memaknai penegakan hukum sebagai penegakan nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat sehingga rasa keadilan masyarakat dapat lebih terpenuhi yang lebih jauh akan meningkatkan kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap penegakan hukum. Oleh karena itu kekurangan atau ketidak lengkapan aturan hukum atau UU harus dilengkapi dengan jalan menemukan hukum agar aturan hukumnya dapat diterapkan terhadap peristiwanya. Dan subyek yang memiliki wewenang dalam menegakan hukum dan menemukan hukum itu adalah Hakim. Tujuan dari Sosiologi Hukum yaitu untuk memberikan penjelasan-penjelasan praktek hukum & keputusan-keputusan hukum oleh para Penegak Hukum & Masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif yaitu, menelaah suatu aturan-aturan, norma-norma dan peraturan Perundang-undang seperti hukum positif.

References

Achmad Ali, Menguak Teori Hukum (Legal Theory) dan Teori Peradilan (Judicialprudence) Termasuk Interpretasi Undang-undang (Legisprudence), Vol. 1, Kencana, Jakarta, cet. Ke-2, 2009.

Hans Kelsen, Essays In Legal and Moral Philosophy (Hukum dan Logika), terjemahan B. AriefSidharta, Alumni, Bandung, 2006.

H. Muchsin, Restorative Justice dalam Tindak Pidana Tertentu, Makalah, Metro, Januari 2012.

Moegnidjojodirdjo, Perbuatan Melawan Hukum, Pradnya Paramita, Jakarta, 1979.

Mahkamah Agung RI, Rangkuman Yurisprudensi Mahkamah Agung Republik Indonesia, Jakarta, 1993.

Muhammad Yamin, Naskah Persiapan Undang-undang Dasar 1945, Jilid III, Siguntang, Jakarta, 1960.
Paul Scholten, De Structuur Der Rechtswetenschap (Struktur Ilmu Hukum), terjemahan B. Arief Sidharta, Alumni, Bandung, 2005.

Roscoe Pound, The Task of Law (Tugas Hukum), terjemahan Muhammad Radjab, Bhratara, Jakarta, 1965.

R. Wirjono Prodjodikoro, Asas-asas Hukum Perdata, Bale Bandung, Bandung, 1988.

R. Supomo, Hukum Acara Perdata Pengadilan Negeri, PradnyaParamita, Jakarta, 1980.
R. Abdoel Djamali, Pengantar Hukum Indonesia, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1993.

Sukarton Marmosudjono, Penegakan Hukum di Negara Pancasila, Pustaka Kartini, 1989.
Soetiksno, Filsafat Hukum (Bagian I), Prima, Jakarta, 1973.

Yahya Harahap, Hukum Acara Perdata Tentang Gugatan, Persidangan, Penyitaan, Pembuktian dan Putusan Pengadilan, Sinar Grafika, Jakarta, 2007.
Published
2018-06-05
Section
Articles