Pelatihan Pembuatan Label sebagai Dokumen Terekam pada Produk Tujuan Ekspor di UKM MomsChips Kota Batu Jawa Timur

  • Rizky Kurniawan Murtiyanto Politeknik Negeri Malang
  • Rizka Rahmawati
  • Erlangga Andi Sukma
  • Winda Rahmawati

Abstract

Label adalah bagian yang sangat penting dalam packaging atau kemasan sebuah produk, terlebih lagi produk makanan. Label pada produk makanan tidak hanya berisi tentang nama makanan ataupun pembuatnya, tetapi label dalam produk makanan berisi tentang informasi atau kandungan produk, mulai dari bahan-bahan, nilai gizi, tanggal pembuatan dan kadaluarsa. Hal ini menjadikan label sebagai media komunikasi antara konsumen dan pembuat produk, serta sebagai janji produsen kepada konsumen yang terekam/tertulis. Untuk produk makanan tujuan ekspor, selain menyampaikan informasi yang lengkap, label juga harus disesuaikan dengan negara tujuan ekspornya, dengan menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris yang baik dan benar. MomsChips sebagai UKM penghasil makanan ringan (snack) dengan tujuan pasar ekspor, penting untuk diberikan pelatihan terkait dengan pembuatan label yang memenuhi syarat internasional. Diharapkan nantinya UKM MomsChips dapat membuat label sendiri dengan desain dan bahasa yang baik untuk memberikan jaminan kualitas secara lengkap pada produk mulai kemasan sampai dengan isi.

References

Bob, F. (2019). Buku Ajar Manajemen Label dan Kemasan. Jakarta: PT Lontar Digital Asia.
Iltiham, M. F., & Nizar, M. (2019). Label Halal Bawa Kebaikan . Pasuruan: Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan.
Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan
Suciarto, S. (2018). Pengembangan Produk, Branding dan Pemberian Label pada Kemasan Produk. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Susilawati, C., & Joharudin, A. (2023). Labelisasi Halal dan Puschase Intention pada Produk Halal Non Makanan. Bandung: Widina.
Tjiptono, F. (2013). Pemasaran Jasa. Jakarta: Bayumedia Publishing.
Published
2023-11-29
Section
Articles
Abstract viewed = 17 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 10 times