Penggunaan Media Sosial Dalam Membranding Lembaga Pendidikan

(Study Kasus MA Al Anwwar Ganding)

  • Anis Kurli
  • Imam Hidayat
  • Lily Elserisa
  • Ria Rachmawati

Abstract

Abstrak

 

Era kovergensi media memberikan tantangan baru bagi dunia Pendidikan untukbertahan dalam gempuran arus media sosial yang perkembangannya setiap tahun semakin pesat. Kebangkitan media sosial memberikan tantangan baru bagi seluruh sektor, salah satunya sektor Pendidikan. Banyak Lembaga Pendidikan di pelosok-pelosok desa mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Melalui perkembangan media sosial harapannya mampu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membranding Lembaga pendidikannya sesuai positioning.Membranding organisasi atau Lembaga merupakan perihal terpenting dalam menunjukkan sebuah identitas dalam kehidupan bermasyarakat dan bersosial. Pencitraan secara visual suatu Lembaga atau organisasi terbentuk dari bagaimana organisasi tersebut diperkenalkan kepada halayaknya. Meliputi bagaimana organsiasi atau Lembaga dikelola, laboratoriumnya, suasana belajarnya, prestasi guru-gurunya, prestasi siswanya, dan prestasi lainnya. Membentuk citra positifmerupakan kewajiban seluruh stakeholder pada Lembaga atau organisasi tertentu tersebut citra yang terbangun sebagai sebuah cerminan jati diri dalam Lembaga/organisasi.

References

Kertajaya, Hermawan (2008). Marketing Mix Seri Sembilan. Bandung: PT Mizan Pustaka
Khasanah, F. N., Samsiana, S., Handayanto, R. T., Gunarti, A. S. S., & Raharja, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1).
Rohmadi, Arif. 2016. Tips Produktif Ber-Social Media. Jakarta: PT. Gramedia.
Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia
Vanesha Angelika dan Yugih Setyanto (2019). Media Sosial Dalam Pembentukan Personal Branding (Studi Pada Instagram Alberta Claudia). Jurnal Prologia, 3 (1), 277.
Published
2023-07-21
Section
Articles
Abstract viewed = 51 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 30 times