Workshop Perancangan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Media Pembelajaran Membuat Video Pembelajaran Berbentuk Animasi Whiteboard

  • Ahmed David Anugerah Universitas Wiraraja
  • M. Harun Rasyid
  • Rachmad Rizal

Abstract

Abstrak

Era globalisasi erat kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi yang tumbuh sangat pesat. Teknologi menjadi pilihan manusia sebagai alat yang dapat membantu dalam melakukan sebuah pekerjaan, seperti mengerjakan pekerjaan pribadi, kantor hingga sekolah. Untuk meningkatkaan kualitas dalam belajar-mengajar guru dalam memberikan pembelajaran tentu menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa menjadi lebih paham dalam menangkap materi pelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakanya itu dengan menggunakan animasi. Namun sebagaian besar guru belum menggunakan media pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan, belum semua guru dapat menguasai materi animasi sehingga media pembelajaran masih berpaku pada power point dan media yang ada di kelas. Pandemi selama dua tahun yang memaksa kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring melahirkan kebiasaan baru dimana materi pembelajaran harus serba digital. Masalah pun semakin bertambah dikarenakan para guru belum juga menguasai keahlian membuat materi pembelajaran digital yang menarik dan mudah dipahami siswa.

References

Riyanto., Arifin, A. S., & Ardiansyah, B. (2017). Penerapan Media Karikatur Berbasis Sparkol Video Scribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kornetif pada Matakuliah Genetika Mahasiswa Biologi Kelas A Angkatan 2014 Kelas-IBU. Edubiotik, 2 (2), 18-25.

Silmi, M. Q., & Rachmadiyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe tentang Persiapan Kemerdekaan RI di SD Kelas V. JPGSD, 6 (4), 486-495.

Yudha, F. S. A., Asrul., & Kamus, Z. (2016). Pembuatan Bahan Ajar Fisika Berbasis Video menggunakan Sparkol Videoscribe untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA. Pillar of Physics Education, 8, 153-160.
Published
2023-03-15
Section
Articles
Abstract viewed = 35 times
pdf (Bahasa Indonesia) downloaded = 27 times